Inilah Saatnya Tahun Penggenapan Janji Tuhan

BACAAN HARI INI
Roma 10:4-15

RHEMA HARI INI
Roma 10:10 Karena dengan hati orang percaya, dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Tahukah Anda kisah dibalik kraton Kasunanan Surakarta dan kraton Kasultanan Yogyakarta? Ada sebuah nama tokoh yang karena perjuangannya, tak hanya keringat dan air mata, tetapi juga darah, akhirnya berhasil mendirikan Dinasti Mataram yang menurunkan raja-raja tanah Jawa. Sosok legendaris itu adalah Ki Ageng Pemanahan. Bermula dari “sabda” seorang Wali, bahwa “kelak kemudian hari dia akan menurunkan raja-raja tanah Jawa”, maka Pemanahan memegang teguh “sabda” itu dan bertekad mewujudkannya. Meski sampai bertahun-tahun janji tersebut tak kunjung diterimanya, Pemanahan terus mengingat-ingat janji tersebut dan menyimpannya kuat-kuat dalam hatinya, sehingga janji itu menjadi dorongan yang sangat kuat baginya untuk terus berjuang. Hingga pada waktunya, janji itu sungguh-sungguh menjadi kenyataan, dan Pemanahan menjadi orang yang dimuliakan.

Tak beda dengan kisah tersebut, Abram terus memegang “janji Tuhan” bahwa keturunnya akan seperti pasir di laut dan seperti bintang di langit, meskipun janji tersebut sangat lama sampai itu sungguh-sungguh menjadi kenyataan. Ketika Abram mengijinkan Tuhan mengintervensi hidupnya dan mengubah namanya menjadi Abraham, maka kemuliaan Tuhan sungguh-sungguh dinyatakan dalam hidupnya. Abraham sungguh-sungguh menjadi bapa banyak bangsa.

Memasuki tahun 2020, mungkin ada janji Tuhan yang telah kita imani, kita jadikan rhema dan visi di tahun 2019 kemarin, namun belum terealisasi sehingga sempat membuat kita ragu. Sebagaimana Abraham yang tetap memegang teguh janji Tuhan dan mengijinkan Tuhan mengendalikan hidupnya sepenuhnya, demikianlah seharusnya kita. Ketika kita mengijinkan Tuhan Yesus masuk dalam hati kita, menjadi Raja dan Tuhan atas hidup kita, dan kita menerima setiap janji firman-Nya dalam hidup kita, maka tidak mungkin tidak, kemuliaan Tuhan pasti akan dinyatakan secara luar biasa dalam hidup kita. (DAM)

RENUNGAN
DENGARKAN FIRMANNYA serta UNDANGLAH YESUS menjadi Tuhan dan Juru Selamat dan KEMULIAANNYA akan terbit bagi kita.

APLIKASI
1. Mengapa Tuhan ingin kita hidup dengan selalu memegang janji Firman-Nya
2. Yakinkah Anda, ketika hidup berpegang pada janji-Nya dan mengundang Yesus memegang otoritas hidup kita, maka tahun kemuliaan akan terbit atas hidup Saudara?
3. Komitmen apakah yang Anda lakukan ketika kemuliaan Tuhan telah terbit mengubah hidup Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Bapa di Sorga terima kasih atas berkat dan anugerah-Mu. Hanya karena kasih karunia-Mu dan hanya berpegang pada janji Firman-Mu maka kami tidak pernah ragu memasuki tahun 2020 ini. Kami imani, ketika kami mengundang Engkau untuk memegang otoritas hidup kami, maka kemuliaanMu akan terbit atas hidup kami. Kami imani tahun 2020 inilah tahun penggenapan semua janji-Mu.Tak ada lagi hari perkabungan, yang ada adalah manifestasi kemuliaanMu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin