Intim Dengan Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 11 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Hosea 6:1-6

RHEMA HARI INI

Hosea 6:3 Marilah kita mengenal dan berusaha sungguh-sungguh mengenal TUHAN; Ia pasti muncul seperti fajar, Ia akan datang kepada kita seperti hujan, seperti hujan pada akhir musim yang mengairi bumi.”

Henokh dikenal karena tidak merasakan kematian jasmani. Dalam Kejadian 5:24 tertulis, “dan Henokh hidup bergaul dengan Allah, lalu ia tidak ada lagi, sebab ia telah diangkat oleh Allah.” Tidak banyak kisah hidupnya yang bisa ditemui dalam Alkitab. Namun, dari satu ayat ini, kita dapat mengetahui mengapa Allah begitu berkenan atas hidup Henokh. Henokh menjalani hidupnya dengan menjalin hubungan dengan Allah. Seperti dua orang sahabat yang saling berbagi dan bercerita, semakin dijalani, pengenalan akan satu sama lain pun semakin erat. Kedekatan hubungan mereka tentunya menyenangkan hati Tuhan. Itu sebabnya, di akhir masa hidupnya di bumi, Tuhan memberikan favor-Nya yang istimewa kepada Henokh.

Kita pun dapat menjadi sahabat-sahabat Tuhan. Kedekatan hubungan kita dengan-Nya akan membuat Tuhan lebih membuka hati-Nya, mengungkapkan rencana dan kerinduan-Nya kepada kita. Kalau kita karib dengan Tuhan, maka akan ada pengalaman-pengalaman pribadi yang istimewa dengan Tuhan yang bisa kita alami, yang tidak dialami oleh kebanyakan orang. Hanya dan hanya kalau kita melekat pada pokok anggur kita, maka kita akan menjadi ranting yang berbuah lebat, dan menikmati favor Tuhan yang luar biasa.

Inilah kunci hidup dalam favor Tuhan. Yaitu melekat pada Tuhan dan memiliki hubungan yang intim dengan-Nya. Sehingga aliran favor dari Tuhan pun akan mengalir. Aliran favor Tuhan inilah yang akan membuat hidup kita bersinar dengan terang. Hidup kita yang tadinya sering gagal, akan dipenuhi keberhasilan. Kita yang tertekan, akan penuh dengan sukacita. Kita yang mungkin selalu mengharapkan bantuan orang lain, akan menjadi saluran berkat untuk orang lain. Kita yang tadinya sering berkata negatif, akan sering memperkatakan hal-hal positif. Ketika kita intim dengan Tuhan, Dia akan memberikan kemurahan, kebaikan, dan pertolongan-Nya yang ajaib. Berkat-berkat-Nya yang berlimpah juga akan dicurahkan-Nya seperti hujan atas hidup kita yang kering. (LEW)

RENUNGAN

KUNCI untuk mengalami ALIRAN FAVOR dalam hidup kita adalah memiliki HUBUNGAN YANG INTIM DENGAN TUHAN

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda memiliki hubungan intim dengan Tuhan?
  2. Mengapa kita harus memiliki hubungan yang intim dengan Tuhan?
  3. Komitmen apa yang dapat Anda ambil untuk lebih intim dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, ajari kami untuk intim dengan Engkau, bergaul karib dengan Engkau. Kami rindu untuk bisa mengerti isi hati-Mu lebih lagi dan aliran favor-Mu kami alami dalam hidup kami. Terima kasih, ya, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Amsal 16-18