Jadi Terang Dimanapun Kita Berada

BACAAN HARI INI
Matius 5:13-16

RHEMA HARI INI
Matius 5:16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga.”
Rolihlahla Mandela yang lebih terkenal dengan nama Nelson Mandela terlahir saat benua Afrika sedang dalam kegelapan karena diterapkannya undang-undang “apartheid” oleh pemerintah kulit putih yang memandang diri sebagai kaum elit di benua hitam tersebut. Penekanan dan rasisme sangat berdampak pada kondisi politik, ekonomi dan sosial warga kulit hitam. Nelson sempat dijebloskan ke dalam penjara selama 27 tahun karena dianggap menentang pemerintah, dan mengalami penderitaan dan siksaan tak terkira.
Bukannya melemah dan menyerah, justru Nelson berubah menjadi semakin kuat mental dan kepribadiannya. Ia BANGKIT DAN MENJADI TERANG bagi bangsanya. Ketika dibebaskan pada tahun 1990, ia memulai lagi apa yang telah ia perjuangkan. Kali ini dengan skala yang jauh lebih besar. Tahun 1993, undang-undang apartheid dihapuskan, dan di tahun 1994 Nelson terpilih secara mutlak menjadi presiden kulit hitam pertama bagi Afrika Selatan. 3 juta orang akhirnya mendapat jaringan telepon dan air bersih, 1,5 juta anak akhirnya merasakan sekolah, 500 klinik diperbaiki dan 750 ribu rumah penduduk dibangun.
Tuhan ingin kita anak-anakNya menjadi pembawa terang kemuliaan Tuhan, the carriers of his glory, dimanapun kita ditempatkan. “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka  melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan BapaMu yang di sorga.” Baik di tempat kerja, di kampus, di lingkungan pergaulan, dalam keluarga dan di tempat pelayanan, kehadiran kita sebagai agen kemuliaan Tuhan akan membawa perubahan. Sebab kita adalah perabot-perabot emas untuk maksud dan tugas yang mulia. Kita mungkin diijinkan Tuhan berada di tempat yang suram, tapi kehadiran kita akan mengubah kesuraman menjadi keadaan yang cerah. Mungkin kita berada di tempat yang begitu keras, tapi kehadiran kita akan mengubah hati yang keras menjadi lembut. Tidak peduli seberapa buruk situasinya, ketika kita mau bangkit menjadi perabot emasnya Tuhan, maka terang dan kemuliaan Tuhan  akan nyata, sehingga situasi negatif akan berubah menjadi positif. (DAM)
RENUNGAN
Sebagai PEMBAWA TERANG KEMULIAAN TUHAN, dimanapun kita ditempatkan, kehadiran kita akan MENGUBAH yang suram menjadi CERAH.
APLIKASI
1.    Sudahkah kehidupan Anda berdampak pada lingkungan Anda?
2.    Mengapa Tuhan ingin Anda menjadi pembawa terang kemuliaan-Nya?
3.    Apa yang dapat Anda lakukan saat ini agar Anda layak menjadi perabot emasnya Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa di sorga, terima kasih atas berkat dan anugerah-Mu yang melimpah dalam hidup kami. Terima kasih untuk kesempatan menjadi perabot emas bagi-Mu. Ini kami Tuhan, pakailah hidup kami. Agar kehadiran kami mampu mengubahkan dan menjadi terang bagi  keluarga dan lingkungan kami. Biarlah terang kemuliaan-Mu bersinar terang dimanapun kami Kau tempatkan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.