JADIKAN ROH KUDUS PRIORITAS UTAMA (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Tawarikh 15-16
Yohanes 12-27-50

BACAAN HARI INI
Kolose 1:15-23

RHEMA HARI INI
Kolose 1:15 Ia adalah gambar Allah yang tidak kelihatan, yang sulung, lebih utama dari segala yang diciptakan,

“Bacalah soal no. 1 s/d 200 sampai selesai,” demikian kalimat yang terdapat di soal no. 1 pada lembar soal yang diterima oleh para siswa sekolah menengah negri. Namun, bukannya membaca soal no. 1 s/d 200 sampai selesai, kebanyakan siswa langsung menjawab soal no. 2, 3, 4, dan seterusnya, yang pertanyaannya cukup mudah untuk dijawab. Hingga ketika para siswa pada umumnya baru mencapai soal no. 50, tiba-tiba ada seorang siswa yang sudah maju ke depan dan mengumpulkan lembar jawabannya. Siswa yang lain tertegun. Bagaimana mungkin satu orang ini bisa menjawab 200 soal dengan waktu yang secepat itu? Setelah diselidiki, ternyata di soal no. 190 disebutkan bahwa “Soal no. 1 s/d 200 tidak perlu dijawab, Anda cukup menulis nama dan no. absen Anda di pojok kiri atas lembar jawaban.”

Berapa banyak di antara kita dalam kehidupan ini yang juga melakukan seperti apa yang dilakukan oleh para siswa di atas pada umumnya? Kita sering kali mengabaikan satu hal yang paling penting. Kita lebih memilih untuk melompat pada persoalan-persoalan yang kurang penting, atau bahkan tidak penting sama sekali.

Hari ini kita diingatkan bahwa yang paling penting dalam hidup kita adalah Roh Kudus. Dia adalah Penolong yang diutus Allah untuk kita, bahkan Dia adalah gambaran pribadi Yesus sendiri yang akan terus menyertai serta menolong kita. Itu sebabnya, Roh Kudus harus diangkat dan diletakkan di tempat utama, yaitu menjadi prioritas nomor satu dalam hidup kita. Ketika kita menempatkan Roh Kudus sebagai yang utama dalam hidup kita, maka Dia akan menata setiap bagian hidup kita dengan sangat indah dan sempurna. Marilah kita buat awal tahun 2021 ini sebagai titik awal kita untuk menjadikan Roh Kudus sebagai prioritas utama dalam hidup kita dan biarlah tahun Roh Kudus benar-benar dinyatakan dalam hidup kita.

RENUNGAN
ROH KUDUS harus diangkat dan DILETAKKAN DI TEMPAT UTAMA, yaitu menjadi PRIORITAS NOMOR 1 dalam hidup kita.

APLIKASI
1. Sejauh apa Anda mengandalkan dan mengutamakan Roh Kudus dalam setiap langkah hidupmu?
2. Hal apa yang terkadang membuatmu lebih mengandalkan dan mendahulukan kekuatan dan pemikiranmu sendiri dibandingkan dengan petunjuk Roh Kudus?
3. Hari ini, langkah seperti apakah yang akan Anda lakukan untuk mengutamakan Roh Kudus lebih dari segalanya ddalam seluruh aspek kehidupanmu?

DOA UNTUK HARI INI
“Allah Roh Kudus, terima kasih untuk firman-Mu hari ini. Engkau telah mengingatkan kami bahwa Engkaulah prioritas dan yang utama di atas segalanya. Tuntun langkah kami ya, Allah Roh Kudus, sehingga kami bisa terus berjalan dalam hikmat dan petunjuk-Mu. Terima kasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”