Jadilah Pemegang Janji

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 30 Maret 2016

BACAAN HARI INI

Mazmur 18:31-43

RHEMA HARI INI

Mazmur 18:31 Adapun Allah, jalan-Nya sempurna; janji TUHAN adalah murni; Dia menjadi perisai bagi semua orang yang berlindung pada-Nya.

Kita tidak akan pernah bisa membayangkan bagaimana perasaan yang dirasakan murid-murid pada hari Sabtu sebelum Yesus bangkit dari kematian dan bagaimana perasaan mereka satu hari setelah kebangkitan Yesus. Mereka sudah melihat Sang Mesias, Anak Allah itu, disalibkan oleh tentara Romawi. Mereka juga sudah melihat bagaimana Yesus membangkitkan yang mati dan menyembuhkan orang buta. Mereka tahu bahwa Yesus sebenarnya bisa turun dari kayu salib. Tetapi Yesus tidak melakukannya.

Bayangkan bagaimana kesedihan, ketakutan, dan kekecewaan yang mereka rasakan pada hari Sabtu itu.

Kita semua pernah mengalaminya. Kegalauan seringkali menguasai hidup kita setelah kita mengalami sebuah tragedi yang menyedihkan. Lalu, bagaimana kita mengatasi kegalauan hati kita? Ingat-ingatlah janji Tuhan! Jangan meragukan janji Tuhan yang sudah diberikan kepada Anda hanya karena Anda sedang berada dalam kegelapan. Banyak orang, ketika mereka menghadapi saat-saat sulit dalam hidup mereka, reaksi alami mereka adalah menghapus semua impian-impian mereka. Tetapi tidaklah demikian dengan Anda.

Tepat sebelum disalibkan, Yesus sudah memberitahukan kepada murid-murid-Nya untuk fokus kepada janji-Nya saat menghadapi hari-hari sulit yang akan terjadi di depan. Yesus tahu bahwa murid-murid-Nya akan menghadapi kesulitan, tetapi IA mengingatkan mereka bahwa mereka harus bertahan sebab mereka akan bersukacita nantinya. Ketika kegalauan datang, Anda harus sadar bahwa Tuhan mempunyai rencana, dan Anda tetap menjadi bagian dari rencana-Nya.

Jadilah pemegang janji. Selidikilah janji Tuhan, dan perkatakan janji Tuhan itu terjadi dalam hidup Anda. Ada lebih dari 7000 janji Tuhan di Alkitab, namun Anda tidak akan pernah bisa memperkatakan janji Tuhan ketika kegalauan datang dalam hidup Anda jika Anda tidak tahu apa saja janji Tuhan itu. Janji Tuhan itu seperti polis asuransi. Kalau Anda memiliki asuransi, Anda tidak perlu kuatir bagaimana Anda akan membayar tagihan ketika Anda harus dirawat di Rumah Sakit. Anda terlindungi.
Ketika Anda harus melalui saat-saat sulit tetapi Anda tahu tentang janji-janji Tuhan, maka Anda tidak perlu kuatir lagi. Anda sudah terlindungi.

RENUNGAN

Jangan pernah ragu akan janji Tuhan! Sebab tidak ada yang bisa LEBIH DIPERCAYAI JANJINYA daripada Tuhan Yesus.

APLIKASI

  1. Dalam saat apa biasanya Anda meragukan janji Tuhan?
  2. Bagaimana janji Tuhan menolong Anda tetap teguh sehingga Anda sungguh-sungguh mengalami mujizat Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Tidak ada hal terbaik yang bisa kami lakukan ketika kami ada dalam pergumulan kecuali mempercayai dan memegang teguh janji-MU Ya Tuhan. Kami percaya janji-MU itu Ya dan Amin. Apapun yang saat ini menghalangi hidup kami, kami percaya akan terselesaikan dengan ajaib ketika kami terus pegang janji-MU. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yeremia 41-45