Jadilah Solusi

BACAAN HARI INI
Mazmur 37:1-40

RHEMA HARI INI
Mazmur 37:25-26 Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti; 26 tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman, dan anak cucunya menjadi berkat.

Selama hidupnya Andrew Carnegie terkenal sebagai orang yang sangat peduli terhadap tanggung jawab sosialnya. Ia telah memberikan lebih dari US$ 350 juta untuk mendirikan kebudayaan ilmiah dan organisasi perdamaian. Suatu hari seorang wartawan bertanya kepada Andrew Carnegie, “Tuan Carnegie, bagaimana cara Anda dapat mempekerjakan 43 orang milyuner di perusahaan anda?” Andrew Carnegie menjawab, “Pada waktu mereka masuk ke perusahaan saya, mereka belumlah menjadi milyuner.” Dan jawaban ini membuat wartawan bertambah heran dan bertanya lagi, “Kalau begitu, apakah yang Anda lakukan sehingga mereka menjadi milyuner?” Atas pertanyaan ini Andrew Carnegie menjawab dengan bijaksana, “Aku mengembangkan manusia, aku mengembangkan orang seperti Anda mencari emas. Kalau Anda menambang emas, Anda akan menyingkirkan berton-ton debu demi emas tersebut. Aku mencari emas itu dalam diri orang-orang yang aku pimpin.”

Kita pasti heran bahkan kagum dengan apa yang di lakukan Andrew Carnegie. Dia mampu menjadi solusi bagi orang-orang, dari orang yang biasa dibentuk menjadi milyuner. Ini karena ia tidak hanya menetapkan visi bagi dirinya sendiri, tetapi ia berjuang supaya hidupnya bisa menjadi solusi dan membawa dampak kemajuan dalam kehidupan orang lain.

Lalu bagaimana dengan kita? Kita sebagai anak-anak Allah yang sudah di selamatkan, diangkat dan diperlengkapi, apa yang bisa kita lakukan bagi orang-orang di sekitar kita dan terutama bagi Allah? Setiap kita tentu punya visi, tapi uji diri kita, apakah kita juga memiliki kerinduan bisa menjadi solusi bagi orang lain? Jangan hanya sibuk dengan visi kita pribadi, namun perjuangkan visi kita tersebut agar menjadi solusi dan berkat bagi banyak orang bahkan bagi jiwa-jiwa yang belum terselamatkan agar mereka juga menerima terang kasih Kristus melalui hidup kita.

RENUNGAN
Jangan sekedar memiliki visi hanya untuk DIRI SENDIRI, jadilah SOLUSI bagi orang lain.

APLIKASI
Koreksi, apakah visi Anda juga dapat menjadi solusi bagi orang lain ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa biarlah visi kami juga menjadi solusi bagi banyak jiwa sehingga makin banyak jiwa merasa di berkati. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Keluaran 36-38