JAMINAN KEBERHASILAN KEMULIAAN NEXT LEVEL (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 25-27
Yohanes 9:1-23

BACAAN HARI INI
Yeremia 17:5-8

RHEMA HARI INI
Yeremia 17:7 Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!

Orang terkaya di suatu negara ingin merombak taman di rumahnya yang bagai istana. Ia pun mengundang beberapa desainer muda untuk berkeliling di tamannya yang sangat luas tersebut. Kemudian mereka diberikan waktu sebulan untuk membuat rancangan terbaik. Kalau sampai desain mereka yang terpilih, tentu taman rancangan mereka itu akan diliput banyak media dan nama mereka terangkat. Ini benar-benar kesempatan emas! Masing-masing desainer langsung memikirkan inovasi-inovasi untuk membuat taman yang spektakuler. Tak lupa mereka pun meminta pendapat kepada para mentor mereka.

Namun salah satu desainer bukannya mulai merancang, ia malah membuat berlembar-lembar daftar pertanyaan. Setelah beberapa hari menyusun kuisonernya, ia mengirimkannya kepada orang kaya tersebut. Setelah itu ia mulai meriset tentang kegiatan-kegiatan si orang kaya. Lalu barulah ia mulai merancang. Di hari yang ditentukan untuk presentasi, setiap desainer menunjukkan desain yang mewah dan inovatif. Hanya rancangan desainer yang membuat kuisoner yang terlihat sedikit sederhana. Meski demikian, desainnyalah yang terpilih. Ternyata, ia berhasil membuat taman yang pas di hati sang orang kaya dan anggota keluarganya.

Seperti itu jugalah gambaran antara kita dengan Tuhan. Sebagai manusia, kita boleh saja memiliki banyak ide cemerlang dan perencanaan hebat untuk hidup kita. Kita juga bisa saja bertanya kepada para pakar di dunia ini. Namun, hendaknya kita tidak melupakan bahwa hidup kita adalah milik Tuhan. Dia jugalah yang memiliki rencana besar atas hidup kita. Lebih dari mengandalakn akal pikiran, kepandaian, dan hikmat dunia, Tuhan ingin kita bisa mengandalkan-Nya. Tanyakanlah tujuan hidup yang Tuhan taruh atas hidup kita, mintalah hikmat dan rhema dari-Nya, agar kita bisa mempersiapkan rencana untuk masuk ke level berikutnya di hidup kita. Saat kita bertindak seturut kehendak Tuhan, Dia pun akan menyatakan kemuliaan-Nya yang lebih terang dari yang pernah ada di hidup kita. (MV.L)

RENUNGAN
Selalu LIBATKAN TUHAN dalam setiap PERENCANAAN yang kita buat.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda melibatkan Tuhan dalam setiap perencanaan Anda? Apakah yang kemudian terjadi dengan rencana-rencana Anda tersebut?
2. Mengapa Anda perlu melibatkan Tuhan dalam setiap perencanaan yang Anda buat?
3. Bagaimana Anda bisa melibatkan Tuhan dalam setiap perencanaan yang Anda buat?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, kami percaya rancangan-Mu atas hidup kami sungguh teramat indah. Bawalah kami masuk ke dalam rencana-Mu dan berikan kami hikmat untuk melakukan apa yang Engkau inginkan atas hidup kami. Biarlah setiap yang kami lakukan boleh menggenapi setiap rencana dan kerinduan-Mu atas hidup kami, dan kemuliaan-Mu semakin dinyatakan lebih lagi melalui kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”