Jangan Ada Allah Lain

BACAAN HARI INI
Ulangan 5:1-22

RHEMA HARI INI
Ulangan 5:7 “Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.”

Di tengah kesederhanaan hidupnya, Ibu Ana sangat bersyukur memiliki seorang suami yang begitu mengasihinya. Pada suatu waktu, saat mereka sedang dalam kondisi ekonomi yang mapan, suaminya memberikan 2 pilihan hadiah sebagai hadiah ulang tahun. Pilihan pertama adalah mengikuti Holy Land Retreat Tour dan pilihan kedua adalah membeli sebidang tanah.

Kedua pilihan hadiah ini sangat diinginkan oleh Ibu Ana, namun ia harus memilih salah satu. Ia pun menimbang-nimbang. Untuk mengikuti Holy Land Tour uang mereka cukup, tapi kalau untuk membeli tanah, uang mereka kurang. Ibu Ana pun berdoa, apakah pilihan A atau pilihan B yang diinginkan oleh Tuhan. Akhirnya, jawaban pun ia terima, yaitu C! Ternyata Tuhan ingin agar mereka menyerahkan uang yang cukup untuk ikut Holy Land Tour bagi pekerjaan Tuhan di gereja. Ibu Ana pun berdiskusi dengan suaminya tentang hal tersebut, dan suaminya pun setuju.

Dua bulan kemudian, pemilik tanah yang menawarkan tanah untuk hadiah ulang tahun Ibu Ana kembali menawarkan tanahnya. Saat itu, Ibu Ana dan suaminya sebenarnya tidak punya uang simpanan untuk membelinya. Namun, mereka merasakan dengan kuat bahwa Roh Kudus mendorong untuk menawar harga, dan akhirnya pemilik tanah pun setuju. Namun, sebenarnya mereka bingung karena uang mereka tidak cukup. Tiba-tiba, Tuhan bekerja dengan ajaib. Dalam waktu beberapa minggu, Tuhan memberkati pekerjaan suami dari Ibu Ana dan akhirnya mereka memiliki uang yang cukup untuk membayar tanah itu. Saat itulah Ibu Ana mengerti, bahwa Tuhan ingin memberkati dengan terlebih dulu menguji hatinya.

Terkadang, Tuhan menguji hati kita sama seperti yang Ia lakukan pada Ibu Ana. Jika kita cenderung mengutamakan mamon (uang), maka pintu berkat sulit terbuka lebar, karena Tuhan ingin supaya tidak ada allah lain di hadapan-Nya (Ulangan 5:7). Hati-hati, uang bisa menjadi “allah lain” yang dapat mengganti kedudukan Tuhan dalam hidup kita. Untuk itu, ketahuilah saudara, ketika kita mempersembahkan yang utama untuk menyenangkan hati Tuhan, bahkan di tengah keterbatasan sekalipun, Tuhan pasti akan memberkati kita secara luar biasa! Amin, Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Saat kita berani MENGUTAMAKAN TUHAN dalam keterbatasan kita, maka kita akan DIBERKATI LUAR BIASA!

APLIKASI
1. Ceritakan pengalaman luar biasa Anda saat Anda mengutamakan Tuhan. Pelajaran berharga apa yang Anda dapatkan dari pengalaman itu ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami yakin berkat yang luar biasa akan terus tersedia bagi kami ketika kami mengutamakan Engkau. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Mazmur 116-118
Lukas 9:18-36