Jangan Beri Tempat Bagi Perasaan Pesimistis Dalam Hidup Kita [REMAKA]

BACAAN HARI INI

Ulangan 31:1-8

RHEMA HARI INI

Ulangan 31:8 Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”

Selama ini kita menganggap virus corona adalah virus yang sangat menakutkan. Sangat cepat menular, susah dideteksi keberadaannya dan membawa akibat mematikan bagi mereka yang lemah daya tahannya. Tanpa kita sadari, ada sebuah virus lain yang tak kalah menakutkan. Sama-sama cepat menular dan membawa akibat fatal bagi mereka yang lemah. Namanya adalah virus PESIMISTIS. Hanya dengan sering bergaul dengan orang-orang pesimis dan mendengar perkataan-perkataan pesimistis, dengan mudah hati kita akan ikut tertular rasa pesimis.

Pesimistis menyebabkan kita selalu memandang segala sesuatu dari sisi yang buruk. Membuat hidup menjadi nampak suram dan tiada harapan. Bagi mereka yang kuat, rasa pesimistis bisa dengan mudah ditepis oleh pikiran positif dan optimis. Tapi bagi mereka yang lemah, rasa pesimistis ini membuat mereka tidak mampu bangkit dan terus hidup dalam keterpurukan sampai akhir. Hal ini bukanlah yang Tuhan inginkan terjadi pada hidup anak-anakNya. Yang Tuhan inginkan dan rencanakan bagi hidup anak-anakNya adalah damai sejahtera dan hari depan yang penuh harapan.

Kegelapan dan kekacauan yang kita alami sekarang ini, pernah dialami oleh nabi Nuh. Bahkan jauh lebih parah, karena saat itu tidak ada lagi manusia, hewan maupun tumbuh-tumbuhan yang tersisa di bumi selain daripada Nuh dan keluarganya, beserta hewan-hewan yang ada dalam bahtera. Jika Nuh adalah seorang yang pesimistis, maka ia tidak akan sanggup menghadapi kenyataan. Nuh tak akan sanggup membangun kembali dunia yang telah begitu hancur dan porak poranda. Tapi karena Nuh adalah seorang yang bergaul karib dengan Tuhan maka ia bisa meresponi keadaan itu dengan optimis. Inilah senjata terampuh yang kita miliki dalam menghadapi gelapnya badai, BERGAUL KARIB DENGAN TUHAN. Ketika kita mempunyai hubungan yang dekat dengan Tuhan, maka Dia sendiri yang akan berjalan di depan kita. Dia tidak akan membiarkan kita dan tidak akan meninggalkan kita (Ul 31:8). Maka janganlah takut dan janganlah patah hati. Jangan biarkan rasa pesimistis melanda hidup kita. Ayo BANGKIT, mulai bergerak dan membangun kembali bersama Tuhan kita yang hebat. (PF)

RENUNGAN

Meski kegelapan dan kekacauan mengelilingi kita, JANGAN BIARKAN perasaan PESIMISTIS melanda hidup kita.

APLIKASI

  1. Kegelapan apa yang Anda rasakan dalam hidup Anda saat ini?
  2. Pernahkah Anda dilanda oleh perasaan pesimistis? Apa akibat yang dibawa oleh perasaan itu dalam hidup Anda?
  3. Bagaimana cara Anda menjaga hati dari perasaan pesimistis?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih Engkau telah mengingatkan kami pada malam hari ini, untuk tidak membiarkan perasaan pesimistis menghancurkan hidup kami. Kami mau berpegang pada janji-Mu dan percaya penuh pada penyertaan-Mu dalam hidup kami. Bersama Engkau, kami akan mampu membangun kembali apa yang telah roboh dan menjadikannya lebih indah daripada sebelumnya. Terpujilah Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!