Jangan Bersungut-Sungut

BACAAN HARI INI
Yohanes 6:25-59

RHEMA HARI INI
Yohanes 6:43b “…Jangan kamu bersungut-sungut.”

Dikisahkan bahwa pada bulan Juli 1940, Hitler dan Benito Mussolini mengundang Churchill ke Paris untuk sebuah konferensi rahasia. Mereka bertemu di sebuah meja di samping kolam ikan carp (ikan air tawar semacam ikan gurami). “Inggris sudah habis, Churchill! Silakan tanda tangani dokumen pengakuan kekalahan Inggris maka seluruh Eropa akan berhenti berperang,” ujar para pemimpin Jerman tersebut.

Churchill berkata dengan tenang, “Saya tidak sependapat bahwa kami sudah kalah dalam perang ini.” Hitler dengan marah menggebrak meja, “Konyol!!!” Churchill membalas amarah tersebut dengan santai, “Bagaimana kalau kita menyelesaikan masalah ini dengan satu pertaruhan? Kau lihat ikan carp besar di kolam itu? Siapa yang berhasil menangkap seekor ikan terlebih dulu tanpa menggunakan peralatan pancing adalah pemenangnya.”

Hitler dan Mussolini setuju. Hitler segera mengambil pistol dan menembak seekor ikan yang paling dekat dengan membabi buta. Malang, air kolam malah membelokkan peluru-peluru tersebut. Dengan kesal, Mussolini melompat ke dalam air berusaha menangkap seekor ikan carp dengan tangan kosong, namun ia gagal. Selanjutnya, tiba giliran Churchill. Ia mulai menyendokkan cangkir tehnya ke dalam kolam secara berulang-ulang dan membuang airnya. “Apa yang kamu lakukan?” teriak Hitler. Churchill menyahut, “Memang dibutuhkan waktu lama, tetapi kami akan memenangkan peperangan ini.”

Mara adalah daerah yang harus dilewati oleh Bangsa Israel. Sebelum sampai di Mara, mereka harus berjalan tiga hari tanpa air minum. Kepahitan air di Mara adalah cobaan yang diizinkan Tuhan untuk Bangsa Israel. Kepahitan itu jugalah yang terkadang diizinkan Tuhan terjadi dalam hidup kita. Sikap kita dalam menghadapi kepahitan itulah yang menentukan berkat-berkat Tuhan. Bagaimana sikap Anda menghadapi Mara yang Tuhan izinkan terjadi akhir-akhir ini? Marilah kita belajar bersikap dengan benar seperti cara yang Tuhan ajarkan, yaitu jangan bersungut-sungut! Saat kita tidak bersungut-sungut, dalam sekejab, pahitnya persoalan hidup akan Tuhan ubah menjadi manis. Amin. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Setiap kali Anda menjumpai SITUASI PAHIT dalam hidup, JANGAN BERSUNGUT-SUNGUT! Lihatlah hal tersebut sebagai sebuah KESEMPATAN bagi Tuhan untuk mengubah yang pahit MENJADI MANIS.

APLIKASI
1. Ketika Anda ada dalam suatu keadaan yang pahit, apa yang biasanya Anda lakukan untuk menghadapi hal tersebut ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, ampuni kami karena kami seringkali keliru melihat keadaan yang kami alami. Kami mau belajar untuk selalu bersyukur dalam segala situasi yang kami hadapi.
Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Tawarikh 28-29
Markus 6:30-56