Jangan Biarkan Iblis Menggoyahkan Iman Kita

BACAAN HARI INI
1 Petrus 5:1-11

RHEMA HARI INI
1 Petrus 5:8-9 Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama.

Iman yang teguh adalah musuh besar iblis, terlebih jika kita adalah anak-anak Tuhan yang taat dan selalu menjaga hidup dalam kekudusan dan kebenaran. Jenis seperti ini yang menjadi Target Utama serangan iblis. Kejatuhan seorang anak Tuhan adalah sebuah kemenangan besar bagi iblis. Inilah yang iblis sedang coba kerjakan pada Kurnia. Kurnia adalah sulung dari 2 bersaudara, ayahnya meninggal dunia ketika Kurnia masih kecil. Ibunya yang seorang diri membesarkan kedua jagoan ciliknya, membekali anak-anaknya dengan cinta dan takut akan Tuhan. Kurnia dan adiknya tumbuh sebagai anak-anak yang saleh dan beriman.

Masuk Sekolah Menengah Pertama dan Atas, ibu Kurnia mulai kesulitan membayar uang sekolah kedua anaknya. Kurnia selalu memberi semangat dan menguatkan iman ibunya bahwa Tuhan pasti menopang mereka. Tapi rupanya iblis tidak tinggal diam, ada saja kejadian yang menggoyahkan iman. Seperti suatu hari, SPP Kurnia tiba-tiba raib, entah jatuh atau diambil orang. Hal ini tentu suatu pukulan berat bagi Kurnia dan ibunya yang tentu harus mencarikan gantinya. Puji Tuhan Kurnia tidak menjadi lesu dan putus asa, semangatnya malah menyala untuk membantu meringankan beban ibunya. Ia semakin giat belajar, berdoa dan memperkatakan deklarasi profetik. Akhir tahun pertamanya di SMA, Kurnia mendapat beasiswa sampai ia lulus karena prestasinya yang luar biasa.

Seperti kata pepatah, makin tinggi pohon makin kencang pula anginnya. Makin teguh iman kita, iblis akan semakin gencar menyerang iman kita. Tetap jaga fokus dan terus melekat erat pada Tuhan. Ingatlah semua pencobaan yang kita alami tidak akan melebihi kekuatan kita, bahkan jika kita menggunakan iman kita, pencobaan adalah sebuah batu loncatan untuk kita meraih terobosan besar. Jangan menyerah oleh intimidasi dan dakwaan iblis, tetaplah berjalan dalam tuntunan Tuhan dan LAWAN iblis dengan iman yang teguh, maka iblis akan lari dari hadapan kita.

RENUNGAN
IMAN kita akan selalu menjadi TARGET SERANGAN musuh, tetapi JANGAN IZINKAN iman kita menjadi GOYAH.

APLIKASI
1.    Adakah masalah yang menggoyahkan iman Anda saat ini?
2.    Dalam hal apa iman Anda mulai goyah? Bagaimana hal ini mempengaruhi kehidupan Anda?
3.    Menyadari bahwa iman Anda melemah, komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk memperkuat iman Anda kembali?

DOA UNTUK HARI INI
Ya Tuhan Yesus, terima kasih atas segala kebaikan yang Kau curahkan untuk kami. Tolong kami untuk terus bisa kuat dan teguh dalam iman kami. Kami yakin bahwa serangan iblis tidak akan mempan bagi kami yang memiliki iman percaya kepada-Mu. Di dalam namaTuhan Yesus kami berdoa. Amin.