Jangan Biarkan Imanmu Gugur Di Tengah Jalan

BACAAN HARI INI
2 Korintus 5:1-10

RHEMA HARI INI
2 Korintus 5:7 –sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat–

Malam itu Petrus melihat bagaimana Yesus berjalan di atas air dan ia ingin melakukan hal sama seperti yang Yesus lakukan. Satu perkataan rhema dari Yesus kepada Petrus, “Datanglah!” membuat Petrus mampu berjalan di atas air. Sebuah petualangan iman yang amat menakjubkan. Tapi ketika dirasanya tiupan angin, Petrus panik dan ketakutan. Ia pun mulai tenggelam. Keberanian Petrus untuk keluar dari perahu dan melangkah ke air karena percaya pada Yesus, adalah iman yang luar biasa. Tapi sayangnya di tengah jalan, fokusnya teralih pada badai dan tiupan angin kencang. Ia tidak mampu lagi melihat keberadaan Yesus di hadapannya. Ia juga melupakan perkataan rhema yang seharusnya menjadi jaminan baginya. Iman Petrus belum cukup kuat untuk tetap mengerjakan kemustahilan sampai kemenangan terjadi.

Kita semua pasti pernah mengalami seperti yang Petrus alami. Sama seperti Petrus, kita percaya bersama Tuhan tidak ada yang mustahil. Bahkan perkataan firman rhema pun sudah kita dapatkan. Kita juga percaya Tuhan pasti menjamin kemenangan jika kita tetap ada dalam tuntunan-Nya. Tapi ketika yang terjadi di alam jasmani justru kebalikannya, iman kita langsung goyah. Mata kita tidak lagi tertuju pada Yesus, tapi pada masalah yang datang menyerbu kita. Kita lebih percaya kepada apa yang kita lihat dan kita rasakan, bukan kepada janji Tuhan yang semula sudah kita dapatkan. Itu sebabnya kita gagal mendapat mujizat dan terobosan besar.

Jangan menjadi lemah. Firman Tuhan berkata kita hidup karena kita percaya, bukan karena melihat. Memiliki iman itu tidak beresiko, justru saat kita kehilangan iman, resiko besar menghadang kita. Jika Petrus tetap beriman, pasti ia akan sukses berjalan di atas air dan mendapatkan Yesus. Tapi karena ia kehilangan iman di tengah jalan, maka tenggelam adalah resiko yang harus ditanggungnya. Janganlah setengah-setengah, apapun yang kita rasakan dan pikirkan, tetaplah pegang teguh bahwa kuasa Allah bekerja dalam hidup kita. Mujizat dan kemenangan akan segera dinyatakan dalam hidup kita. Haleluya! (L.A)

RENUNGAN
APA PUN REALITA jasmani yang terlihat, tetaplah MEMEGANG TEGUH IMAN kita.

APLIKASI
1.    Apakah Anda mempunyai pergumulan yang membuat iman Anda serasa di ujung tanduk?
2.    Hal apa yang sering membuat Anda sulit mempertahankan iman Anda?
3.    Bagaimana cara Anda untuk dapat terus memegang teguh iman Anda?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami percaya Engkau adalah jaminan kemenangan bagi kami. Kami tahu kuasa-Mu sempurna dan janji-Mu adalah ya dan amin. Tidak ada keraguan sedikitpun dalam hati kami, ya Tuhan. Berikan kami kekuatan untuk tetap fokus kepada-Mu supaya apapun yang kami lihat dan kami rasakan di alam jasmani ini, tidak mampu menggoyahkan iman kami. Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa, Amin!