JANGAN BIARKAN KEKECEWAAN MEMADAMKAN API ROH KITA

RHEMA HARI INI

1 Tesalonika 5:19 Janganlah padamkan Roh,

Jika hati kita di ibaratkan sebuah gelas, apa yang kita ijinkan mengisi gelas itu akan menentukan seperti apa kondisi hati kita. Jika kita isi dengan air jernih, maka hati kita akan jernih. Namun sebaliknya, jika ada kekecewaan yang tidak kita selesaikan, itu sama halnya seperti kita tuangkan air lumpur ke dalam ‘gelas hati’ kita. Tunggulah beberapa saat, lumpur itu perlahan akan mengendap di dasar gelas. Sekalipun air di dalam gelas tetap tampak jernih kembali, tetapi endapan itu masih ada di sana. Dan jika kekecewaan semakin bertambah tanpa kita selesaikan, endapan lumpur dalam gelas itupun semakin tebal. Sampai akhirnya kita mendapati ‘gelas hati’ kita sudah tidak bisa lagi diisi dengan air yang jernih. Hati kita menjadi keras, kita tidak bisa merasakan kasih Tuhan karena tidak ada lagi ruang bagi Roh Kudus untuk memenuhi hati kita, dan pada akhirnya kita akan kehilangan kasih mula-mula.

Rasul Paulus mengingatkan jemaat di Tesalonika, agar mereka menjaga hati dan senantiasa waspada. Saling mengingatkan, saling menasehati dan saling menghormati. Menegur dengan kasih jika ada yang melakukan kesalahan dan hidup dalam damai seorang dengan yang lain. Mengenakan selengkap senjata Allah supaya hati dan pikiran terhindar dari pikiran-pikiran negatif yang menimbulkan kekecewaan.

Mari kita belajar dari apa yang Tuhan ingatkan kepada Jemaat di Tesalonika. Menjaga kasih mula-mula adalah hal yang SANGAT PENTING bagi setiap kita. Jangan ijinkan kekecewaan memadamkan api Roh kita. Segera selesaikan di hadapan Tuhan jika ada kekecewaan di dalam hati kita. Jangan diamkan dan jangan terus menunda. Isi ‘gelas hati’ kita dengan aliran-aliran kasih dan kuasa Roh Kudus. Naiklah ke Loteng Atas dan minta kekuatan dari-Nya. Maka kita akan dimampukan untuk senantiasa menjaga hati kita tetap bersih dan roh kita akan semakin menyala-nyala bagi Tuhan. Haleluya!

RENUNGAN

KEKECEWAAN adalah salah satu PEMADAM API ROH yang paling jitu.

APLIKASI

1. Bagaimana cara Anda selama ini untuk membereskan kekecewaan dalam hati Anda?
2. Mana yang lebih sering Anda lakukan, membereskan kekecewaan atau berusaha melupakannya?
3. Apa yang seharusnya Anda lakukan agar kekecewaan itu tidak mengendap dalam hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, hati kami adalah rumah bagi Roh-Mu yang Kudus yang tinggal di dalam hidup kami. Ampuni kami, jika selama ini kami masih sering mengijinkan kekecewaan itu ada di dalam hati kami sehingga Roh-Mu tidak bisa bebas berkarya dalam hidup kami. Mampukan kami untuk selalu menjaga hati kami, ya Tuhan, karena kami tahu dari sanalah kehidupan kami akan terpancar dan roh kami akan tetap menyala-nyala. Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!