Jangan Buta Keuangan Alkitabiah

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Efesus 6:10-18

RHEMA HARI INI
Efesus 6:10-11 Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;

“Tin, apakah persepuluhan itu wajib?” tanya Yuli pada Tina teman sekaligus KKS nya. “Bagaimana kalau penghasilanku pas-pasan, bahkan sebenarnya malah kurang, apa masih harus memberi juga?” lanjut Yuli. Tina tersenyum mendengar pertanyaan Yuli. “Sebenarnya kurang tepat kalau dibilang memberi, persepuluhan tepatnya adalah mengembalikan apa yang menjadi haknya Tuhan. Tuhan hanya menetapkan sepuluh persen saja, padahal sesungguhnya semua yang kita miliki dan yang kita hasilkan berasal dari Tuhan.” jawab Tina. Kembali Yuli bertanya, “Gereja kita kan sudah begitu besar dan memiliki banyak fasilitas, apa persembahanku yang begitu kecil ada artinya buat gereja?” Dengan sabar Tina memberi penjelasan pada Yuli, “Tidak masalah seberapa jumlah yang kita beri Yul, Tuhan melihat hati yang ingin taat kepada-Nya dan memberi untuk mendukung pelayanan.”

Diantara kita mungkin ada yang pernah bertanya tentang hal yang sama. Apakah kita harus memberikan sesuatu yang bagi kita sangat berharga dan sangat kita butuhkan. Sebenarnya Tuhan itu sangat kaya, Dialah pemilik segalanya dan tidak membutuhkan apapun. Justru kita yang butuh untuk memberi, karena pemberian kita adalah benih profetik. Benih kita tabur di ladang Tuhan supaya Tuhan bisa memberkati kita dengan tuaian yang melimpah. Tuhan ingin sekali memberkati kita agar kita bisa menjadi berkat bagi sesama dan bagi gereja kita. Namun bila kita tidak menabur, tidak mungkin kita bisa menuai. Dengan kita menabur berkat, berarti kita membantu memperluas kerajaan Allah di muka bumi. Akan ada dana untuk menyebarkan injil sampai ke pelosok dunia melalui berbagai media, mengirim misionaris ke daerah-daerah yang belum mengenal Yesus, dan akan ada banyak jiwa yang terhilang bisa diselamatkan. Inilah mimpi terburuk bagi iblis.

Iblis akan berusaha dengan segala cara untuk memotong aliran berkat kepada anak-anak Tuhan. Iblis akan mengirimkan fitnah, kecurigaan, olok-olok untuk mendiskreditkan hamba-hamba Tuhan supaya berhenti berkotbah tentang keuangan. Semua ini adalah hoaks, tipuan dan intimidasi yang dilancarkan iblis kepada gereja Tuhan, supaya kita tidak mengerti kebenaran keuangan Alkitabiah. Kita ini hanyalah pengelola bukannya pemilik. Tuhan lah pemilik segalanya dan kita yang dipercaya untuk mengelola. Jika kita bisa mengelolanya dengan baik dengan mengutamakan kepentingan Tuhan, pasti Tuhan akan menambahkan berlipat ganda. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kita dapat melawan tipu muslihat iblis, mematahkan, menolak dan berani bangkit melakukan kebenaran keuangan alkitabiah. Ambil komitmen untuk menomersatukan Tuhan, menggunakan berkat yang Tuhan beri, untuk membangun gereja Tuhan dan bersaksi pada jiwa-jiwa yang terhilang supaya mereka menerima Yesus dan diselamatkan. Dan tahun 2019 ini akan benar-benar menjadi tahun mujizat keuangan besar bagi kita. (PF)

RENUNGAN
Jangan mau termakan TIPU DAYA dan INTIMIDASI yang iblis lancarkan agar anak-anak Tuhan BUTA tentang KEBENARAN KEUANGAN ALKITABIAH.

APLIKASI
1. Apa pendapat Anda soal menabur selama ini?
2. Adakah suatu pemikiran yang memberatkan Anda untuk menabur benih profetik? Apakah itu?
3. Langkah apa yang akan Anda ambil setelah mengetahui kebenaran keuangan Alkitabiah?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus kami mau mengimani dan mengamini rhema-Mu tentang benih profetik bagi kami. Ampuni bila kami masih membuat perhitungan dalam memberi persembahan. Tuhan, kami tahu sekarang dan kami mau menomer satukan kepentingan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus, kami akan menjadi bendahara-bendaharaMu yang baik dan ikut ambil bagian dalam pemberitaan injil sampai ke pelosok dunia. Kerajaan-Mu ditegakkan dibumi seperti di surga. Amin

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.