Jangan Gentar, Tuhan Datangkan Kemenangan Besar

BACAAN HARI INI
Ulangan 20:1-4

RHEMA HARI INI
Ulangan 20:3-4 dengan berkata kepada mereka: Dengarlah, hai orang Israel! Kamu sekarang menghadapi pertempuran melawan musuhmu; janganlah lemah hatimu, janganlah takut, janganlah gentar dan janganlah gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang bagimu melawan musuhmu, dengan maksud memberikan kemenangan kepadamu.

Bagaimana mungkin orang yang berperawakan kecil, dan belum pernah mengerti tentang strategi perang, bisa mengalahkan raksasa? Rasanya mustahil bukan? Ya, ia adalah Daud. Setiap kita pasti mengenal tokoh Alkitab yang satu ini. Bagaimana dengan tubuh mungilnya, Daud sanggup mengalahkan raksasa Goliat, bahkan hanya dengan bersenjatakan sebuah umban atau ketapel (1 Sam 17:49-50). Semenjak peristiwa itu, Daud mulai dikenal dan menjadi sangat populer.

Jika kita membaca keseluruhan kisah tentang Daud dan juga kemenangan demi kemenangan besar yang diperolehnya, setiap kita pasti akan sangat mengerti, bagaimana seorang seperti Daud bisa memperoleh kemenangan yang luarbiasa. Ya, semua karena hidupnya yang begitu melekat kepada Tuhan, sehingga penyertaan dan campur tangan Tuhan selalu ada dalam setiap langkah hidupnya dan mendatangkan kemenangan demi kemenangan besar.

Mungkin bagi sebagian kita, merasa takut atau gentar adalah sesuatu  yang biasa, khususnya saat kita sedang menghadapi suatu masalah atau pergumulan. Tapi firman Tuhan hari ini mengingatkan kepada setiap kita untuk jangan takut ataupun gentar, karena Tuhan, Allah kita menyertai kita bahkan berperang bagi kita untuk melawan musuh-musuh kita. Saat kita mengarahkan tujuan hidup kita hanya kepada Tuhan, maka pertolongan-Nya yang mendatangkan kemenangan besar itu pasti dinyatakan atas hidup kita sehingga kemenangan demi kemenangan besar boleh terjadi atas hidup kita. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
JANGAN GENTAR meski berbagai PERMASALAHAN BESAR menyerbu hidup kita, sebab Tuhan hendak mendatangkan KEMENANGAN BESAR.

APLIKASI
1.    Pernahkah Anda merasa takut atau gentar saat sedang menghadapi suatu pergumulan dalam hidupmu?
2.    Hal-hal seperti apakah yang saat ini masih membuat Anda gentar saat sedang menghadapi pergumulan hidupmu? Mengapa?
3.    Setelah Anda mengetahui kebenaran firman Tuhan hari ini, maka langkah dan komitmen apakah yang akan Anda lakukan? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih untuk firman-Mu hari ini yang sanggup menguatkan setiap kami. Buka mata kami, Tuhan, agar kami dapat melihat dan percaya bahwa kami tidak pernah sendirian, sebab ada Engkau yang selalu bersama dengan kami, bahkan Engkau yang berperang bagi kami untuk kami melawan setiap pergumulan hidup kami, kami percaya Tuhan, bahwa kekuatan yang dari padaMu-lah yang menguatkan kami, hingga akhirnya kemenangan besar itu dinyatakan atas hidup kami. Terimakasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami sudah berdoa. Amin!