Jangan Lamban Menyingkirkan Dosa

BACAAN HARI INI
Roma 6:1-14

RHEMA HARI INI
Roma 6:6 Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

Adit tahu bahwa apa yg dilakukannya adalah salah besar. Awal mula kesalahannya adalah ketika dia mulai disibukkan dengan usahanya yang terus maju dan berkembang. Adit pun membutuhkan seorang sekertaris pribadi untuk membantu segala aktifitas pekerjaannya. Setiap hari Adit berangkat pagi dan pulang malam, sementara istrinya fokus mengurus kedua anaknya di rumah. Mereka hanya memiliki sedikit waktu untuk bertemu sehingga komunikasi diantara mereka mulai hilang. Bisa dikatakan waktu Adit lebih banyak bersama dengan sekertarisnya di kantor daripada dengan istrinya. Tanpa terasa mulai tumbuh rasa suka di hati Adit, ia tidak bisa melawan perasaan itu dan hanyutlah Adit dalam perselingkuhan. Adit mulai jarang pulang, ia juga tidak fokus lagi dengan usaha dan rumah tangganya. Perlahan tapi pasti usahanya mulai mengalami kemunduran hingga nyaris bangkrut.

Adit sebenarnya sadar apa yang ia lakukan adalah sebuah kesalahan besar. Tapi ia tidak tahu bagaimana caranya keluar dari situasi tersebut. Suatu malam saat perjalanan pulang Adit mendengarkan radio rohani dan saat itu ada iklan acara Bless couple day di gereja. Adit mulai merenungi segala yang terjadi dalam hidupnya. Seketika Adit sadar dan bertekad untuk meraih kembali mimpinya, meraih kembali rumah tangganya, meraih kembali usahanya. Tanpa diketahui istrinya Adit mendaftar acara tersebut. Dan istrinya menyambut dengan sukacita. Setelah acara tersebut kehidupan rumah tangga Adit dipulihkan, usahanya pun dipulihkan. Adit tidak mau berlama lama hidup dalam dosa dan kegagalan. Sekarang kehidupannya sudah berbalik pada jalan Tuhan.

Ya, saat kita terpuruk akibat dosa yang telah kita lakukan, janganlah berlama-lama meratapi kekalahan. Segera bangkit dan singkirkan dosa supaya pembalikan keadaan bisa segera terjadi. Berlutut, rendahkan diri dan akui kesalahan, maka Tuhan akan memampukan kita untuk meninggalkan dan membuang dosa. Ingatlah Tuhan sanggup membalikkan keadaan dan memberi kita great revival, kekuatan untuk bangkit kembali menghadapi setiap tantangan dan mendapatkan kemenangan demi kemenangan dalam hidup kita.

RENUNGAN
JANGAN BERLAMA-LAMA menyingkirkan dosa, supaya PEMBALIKAN keadaan SEGERA TERJADI.

APLIKASI
1.    Apakah saat ini Anda sedang merasakan kekalahan demi kekalahan dalam hidup Anda?
2.    Adakah ikatan dosa atau kesalahan yang belum dapat Anda lepaskan?
3.    Setelah membaca renungan hari ini, langkah apa yang Anda pikirkan untuk dapat menyingkirkan dosa dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami meminta ampun dan mengakui setiap kesalahan kami. Kami lengah dan lalai sehingga membiarkan dosa dalam hidup kami. Beri kami kekuatan Tuhan untuk menyingkirkan dosa ini dari hidup kami. Kami tidak mau jadi orang yang kalah, kami mau tinggalkan dosa dan menjadi umat pemenang. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.