Jangan Lari Dari Mandat Tuhan

BACAAN HARI INI
Mazmur 139:1-24

RHEMA HARI INI
Mazmur 139:7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?

Andra tergabung dalam kelompok sel yang dipimpin oleh pak Jon. Karena sudah memiliki anggota cukup banyak, pak Jon mulai mendorong anak-anak selnya untuk menjadi ketua kelompok sel baru. Tak terkecuali Andra, pak Jon melihat bahwa Andra yang sudah bergabung sejak awal kelompok selnya terbentuk, sudah mampu untuk menjadi ketua kelompok sel. Tapi tidak demikian halnya dengan Andra yang merasa belum siap, ia lebih suka dan nyaman menjadi anggota saja. Andra merasa tertekan dan terbebani dengan mandat yang diberikan pak Jon kepadanya. Akhirnya ia memilih undur dari kelompok sel pak Jon.

Lepas dari kelompok selnya, Andra tanpa terasa menjadi jauh juga dengan Tuhan. Ia merasa hidupnya menjadi banyak masalah, mulai dari usahanya yang mengalami kemunduran, masalah dengan keluarga, hingga pengeluaran-pengeluaran mendadak yang jumlahnya sangat besar. Andra tahu sebenarnya masalah pun dari dulu juga ada, namun sekarang terasa sangat berbeda mengahadapinya. Ia sadar hal ini dikarenakan hubungannya yang renggang dengan Tuhan, dulu ia kuat dan mampu karena ada Tuhan yang menopangnya. Andra menyesal karena mencoba lari dari panggilan Tuhan, ia kini sangat rindu untuk kembali mendekat pada-Nya. Ia pun memberanikan diri untuk kembali ke kelompok sel pak Jon. Dan pak Jon masih menyambutnya dengan kehangatan luar biasa, Andra merasakan kembali kasih Tuhan yang begitu besar pada dirinya. Andra tidak mau lari lagi, ia menerima panggilan dan mandat untuk menjadi ketua kelompok sel baru di bawah pak Jon.

Tuhan kita adalah Allah yang sangat konsisten, sekali Dia berjanji, tak akan pernah diingkari-Nya. Begitupun sekali Dia memanggil dan memberikan mandat, sampai kemanapun Dia akan tetap mengejar. Apa yang Dia mau, kita tak akan bisa menyodorkan hal lain sebagai penggantinya. Percuma kita mencoba lari dari panggilan-Nya. Seperti kata pemazmur,”Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?” Jadi responi mandat Tuhan, berani all out, berjuanglah sepenuh hati untuk melaksanakannya. Percayalah, mandat yang Tuhan berikan bukan semata-mata untuk kepentingan Tuhan saja, justru merupakan sebuah anugerah dan kehormatan bagi kita yang mendapatkannya. Kemuliaan Tuhan telah disediakan bagi mereka yang mau bersegera melaksanakan mandat-Nya.

RENUNGAN
Jangan mencoba LARI DARI MANDAT Tuhan kalau kita tidak mau menghadapi TANTANGAN yang seharusnya TIDAK PERLU ADA di hidup kita.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda mencoba lari, atau saat ini sedang lari dari panggilan atau mandat Tuhan? Apa alasan Anda?
2. Apa yang Anda rasakan ketika Anda mencoba lari dari panggilan-Nya?
3. Setelah mengetahui kebenaran ini, apa yang akan Anda lakukan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mengucap syukur atas mandat yang Kau berikan kepada kami. Kami memang merasa diri kami tidak mampu dan jauh dari sempurna. Namun kami yakin Bapa, Engkau yang akan memampukan kami. Engkau yang akan menyempurnakan dan membimbing kami lebih lagi. Terima kasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.