Jangan Melewati Batas

ReKA | Renungan Keluarga Allah
The Power To Get Wealth #1 | Hari #4
Kamis, 11 Februari 2016

BACAAN HARI INI

Keluaran 19:1-25

RHEMA HARI INI

Keluaran 19:5 Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.

Di sebuah pantai wisata, suatu tanda peringatan sudah ditegakkan di beberapa titik. Tanda peringatan itu berisi tulisan: JANGAN BERENANG MELEWATI BATAS INI! Sebelum orang mau berenang, mereka diminta membaca tata tertib berenang, serta menandatangani formulir bahwa mereka sudah membaca, memahami serta menyetujui semua peraturan yang ada dalam tata tertib berenang tersebut, dan jika mereka tidak mentaati peraturan tersebut maka resikonya menjadi tanggung jawab mereka sendiri. Namun jika mereka sudah mengikuti peraturan, maka petugas penjaga pantai akan terikat untuk menjaga keamanan mereka 100%

Sebuah perjanjian hanya akan berlaku jika kedua belah pihak melakukan bagiannya masing-masing dengan benar sesuai dengan perjanjian yang sudah dibuat. Kalau salah satu pihak tidak melakukan atau melanggar, maka pihak yang lainnya tidak lagi terikat untuk melakukan sesuai dengan perjanjian.

Dalam perjanjian kita dengan Tuhan, satu hal yang perlu kita ketahui adalah bahwa Tuhan itu pasti, Dia tidak mungkin melanggar perjanjian-Nya sendiri, yang seringkali tidak pasti itu adalah kita manusia. Berapa banyak kita sering melanggar Firman Tuhan dan ‘berenang melewati batas’ dari yang sudah ditentukan Tuhan? Hari ini, mari kita koreksi diri kita masing-masing, sudahkah kita selama ini mengikatkan diri untuk hidup dalam perjanjian berkat Tuhan? Kalau belum, maka jangan heran kalau hidup Anda seolah-olah kekurangan berkat. Kalau sudah, berbahagialah, sebab Anda adalah target utama untuk Tuhan mencurahkan berkat-berkatNya secara berkelimpahan!

RENUNGAN

Hanya dengan MENGIKATKAN DIRI untuk hidup dalam perjanjian berkat Tuhan, maka kita membuat Tuhan terikat untuk MELAKUKAN BAGIANNYA dalam perjanjian itu.

APLIKASI

Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk mengikatkan diri pada perjanjian berkat Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Ampuni kami ya Tuhan kalau selama ini kami seringkali ‘berenang melewati batas’ dari ketetapan yang sudah Engkau berikan kepada kami. Kami rindu untuk taat dan mengikatkan diri kami kepada perjanjian berkat-MU sehingga anugerah serta berkat-MU boleh dicurahkan melimpah dalam hidup kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Raja-raja 9-11