Jangan Membuka Celah Bagi Iblis

Renungan Keluarga Allah
Selasa, 17 Januari 2017

BACAAN HARI INI

1 Petrus 5:6-9

RHEMA HARI INI

1 Petrus 5:7-8 Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.

Raja Daud pernah jatuh dalam dosa yang tidak ringan. Dia berzinah dengan Batsyeba hingga wanita itu hamil dan membuat rencana untuk membunuh suaminya. Hal itu dapat menjadi celah yang sangat besar bagi iblis untuk menghancurkan kehidupan Daud. Namun Daud langsung menyadari kesalahannya dan SAMA SEKALI TIDAK MEMBERI KESEMPATAN KEPADA IBLIS UNTUK SEMAKIN MENGHANCURKANNYA. Setelah itu, walaupun Daud telah bertobat, anak yang lahir dari perzinahannya ditulahi Tuhan. Meski Daud sangat bersedih hati dan berpuasa untuk memohon kepada Tuhan supaya anaknya sembuh, anaknya tetap mati. Namun reaksi Daud dalam menerima kenyataan ini sangat luar biasa. Ia tidak kecewa kepada Tuhan, tidak pula menyalahkan dirinya sendiri. Daud segera bangkit, dan sujud menyembah Tuhan. IA TIDAK MEMBIARKAN IBLIS MASUK KEMBALI DALAM KEHIDUPANNYA. Kapan pun Daud melakukan kesalahan, ia segera bertobat. Inilah yang membuat favor Tuhan sangat berlimpah dalam kehidupannya. Bahkan kisah kejatuhannya dipakai Tuhan menginspirasi banyak orang hingga saat ini.

Secara manusia, tidak mudah bagi Daud mengalahkan pikiran dan perasaannya untuk tidak kecewa pada keadaan, diri sendiri bahkan kepada Tuhan. Namun Tuhan yang Daud sembah bukanlah Tuhan yang membiarkan anak-anak-Nya berjuang sendirian. Kekuatan Tuhanlah yang menopang Daud sehingga ia sanggup memlih untuk memiliki sikap hati yang benar dan mampu melewati semua peristiwa itu. Jika saat ini Anda sedang diperhadapkan pada situasi yang membuat Anda kecewa, kuatir, marah, iri, dan sebagainya, mintalah kekuatan kepada-Nya. Kekuatan yang sama yang diberikan kepada Daud juga dapat Tuhan limpahkan dalam Anda. Tinggal bagian Anda untuk menguatkan hati dan memilih untuk tidak menghidupi semua hal negatif yang bisa menjadi pintu celah bagi iblis untuk menghancurkan Anda. Ingatlah, iblis akan selalu menunggu kesempatan supaya bisa mencuri dan mengambil favor Tuhan yang sudah tersedia bagi Anda. Jangan biarkan hal itu terjadi, karena Tuhan pun menginginkan Anda berkemenangan dan siap untuk menerima favor-Nya yang besar. Puji nama Tuhan!

RENUNGAN

HAL NEGATIF yang tinggal dalam hati dan pikiran kita akan MEMBUKAKAN CELAH BAGI IBLIS untuk masuk dan menghancurkan hidup kita

APLIKASI

  1. Hal apakah yang masih sering menjadi celah bagi iblis dalam hidup Anda?
  2. Mengapa Anda perlu membuang hal negatif dari hati dan pikiran Anda?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan hal-hal yang dapat membuka celah bagi iblis?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, berikanlah kami kekuatan hati, supaya kami bisa selalu peka dan menyadari saat kami memiliki celah yang bisa dipakai oleh iblis untuk menjauhkan kami dari favor-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Tawarikh 6-7
Mazmur 136