Jangan Mengeraskan Hati

ReKA Video

 

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
Keluaran 17:1-7

RHEMA HARI INI
Keluaran 17:7 Dinamailah tempat itu Masa dan Meriba, oleh karena orang Israel telah bertengkar dan oleh karena mereka telah mencobai TUHAN dengan mengatakan: “Adakah TUHAN di tengah-tengah kita atau tidak?”

Siang itu Ps. Reno baru saja selesai menyampaikan kotbahnya. Seorang jemaat datang menghampirinya dan bertanya, “Kalau Tuhan itu benar-benar ada, di mana Dia saat ibuku sakit dan akhirnya meninggal?” Ps. Reno tidak berkata-kata, tetapi ia mengajak pemuda itu pulang ke rumahnya. Sesampainya di rumah, Ps.Reno memasak tiga panci air sampai mendidih. Di panci pertama ia memasak wortel, di panci berikutnya ia memasak telur, dan di panci terakhir ia memasukkan kopi ke dalamnya.

Setelah menunggu beberapa saat, Ps.Reno menyuruh pemuda itu mengamati, menyentuh, mencium dan menilai hasil dari ketiga panci itu. Kemudian ia berkata, “Segala masalah dalam hidup bagaikan air mendidih di dalam panci-panci tersebut. Bagaimana sikap kita menghadapinya menentukan dampaknya. Apakah kita akan seperti wortel yang semula keras, kini melunak? Apakah kita akan seperti telur yang justru mengeras? Ataukah kita seperti kopi yang kemudian menjadi harum? Wortel dan telur membiarkan air mendidih mempengaruhinya. Namun kopi justru membuat air menjadi harum karenanya.”

Ketika sedang menghadapi masalah, tidak sedikit orang yang menjadi lembek dengan mengeluh dan mengasihani diri sendiri. Ada pula sebagian orang yang justru mengeraskan hatinya dengan menjadi marah, berontak, dan meragukan Tuhan. Sekalipun sedang mengalami masalah, ingatlah bahwa berkat Tuhan tidak pernah berkesudahan dalam hidup kita. Jangan sampai karya Tuhan yang sudah berkali-kali kita alami tertutup oleh masalah yang kini hadir. Jangan sampai kita menjadi seperti bangsa Israel pada zaman Musa, yang sekalipun sudah melihat bagaimana ajaibnya cara Tuhan membebaskan mereka dari Mesir, tetapi masih juga tidak percaya kepada-Nya. Sebaliknya, jadilah seperti kopi. Ketika masalah datang, aroma iman kita semakin bertumbuh kuat sehingga kita pun dapat mengharumkan nama-Nya.

RENUNGAN
Jangan sampai kita sudah MENGALAMI BERKAT dan PERTOLONGAN TUHAN, tetapi kita malah MENGERASKAN HATI kita.

APLIKASI
1. Menurut Anda, mengapa masih banyak orang yang mengeraskan hatinya dan tidak melihat berkat Tuhan dalam hidupnya?
2. Bagaimana dengan Anda, pertolongan Tuhan apa saja yang sudah Anda alami dalam kehidupan Anda?
3. Apakah yang dapat Anda lakukan untuk senantiasa fokus melihat kepada kebaikan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, kami tidak mau menjadi seperti bangsa Israel pada zaman Musa. Kami tidak mau mengeraskan hati kami. Apa pun yang sedang terjadi dalam hidup kami saat ini, kami mau tetap percaya kepada-Mu dan berkata bahwa hanya Engkaulah yang terbaik dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”