JANGAN PADAMKAN API ROH

RHEMA HARI INI

1 Tesalonika 5:19 Janganlah padamkan Roh

Alkisah ada seorang pemuda yang merasa dirinya tidak beruntung. Suatu hari ia duduk termenung di pinggir jalan memikirkan nasibnya, “Kenapa ya, nasibku begitu jelek, dilahirkan di keluarga tidak berpendidikan dan miskin?”
Kebetulan saat itu lewatlah seorang kakek, kakek itu pun bertanya kepadanya, “Anak muda, kenapa kamu tampak begitu sedih dan tidak bersemangat?” Jawab pemuda itu dengan nada mengeluh, “Saya tidak mengerti kenapa saya begitu miskin, kek.” Mendengar keluhan itu si kakek dengan bijak berkata, “Miskin? Kamu tidak miskin, bahkan saya lihat kamu sangat kaya.” Pemuda tersebut tercengang mendengar kata-kata si kakek.

“Kaya? Bagaimana mungkin saya kaya? Untuk makan tiga kali sehari saja susah.” jawab si pemuda. “Begini anak muda, satu tanganmu aku beli seharga seratus ons perak, mau?” tanya kakek tersebut. “Tentu tidak. “ sergah si pemuda. “Kalau begitu saya tambah lagi menjadi dua ratus ons perak, maukah kamu menjual tanganmu?” Jawaban yang sama terdengar dari pemuda tersebut. Kakek tersebut kemudian bertanya lagi, “Kalau saya beli kedua tanganmu seharga delapan ratus ons perak, maukah kamu menjualnya kepada kakek?” “Tentu saja tidak,” jawab pemuda itu dengan tegas. Kakek itu tersenyum,“Nah, bukankah kamu sangat kaya? Itu belum dihitung kedua belah kakimu, kesehatanmu dan umur yang Tuhan berikan padamu.”

Seringkali kitapun bisa mengalami hal yang sama. Kita merasa putus asa dan kecewa dengan apa kondisi kita saat ini. Perasaan seperti itulah yang sebenarnya memadamkan roh kita. Kita mulai menjauh dari Tuhan, malas beribadah dan mulai undur dari pelayanan. Masalah, pandemi, tantangan dan krisis bisa menjadi pemicu, tetapi padam atau tidaknya roh kita tergantung dari diri kita sendiri. Roh kita tidak akan bisa padam, kecuali diri kita sendiri yang memadamkannya. Sekali roh kita padam, kita sendiri yang akan rugi. Banyak perkara ajaib yang tidak akan bisa kita alami. Itu sebabnya, justru di tengah masalah besar, kita makin perlu menyalakan manusia roh kita! Ingatlah bahwa Yesus Tuhan kita telah bangkit mengalahkan dunia, kebangkitan besar yang belum pernah terjadi sebelumnya. Mari, jangan biarkan kerajinan kita kendor, biarlah roh kita menyala-nyala dan bangkit untuk melakukan apa yang Tuhan rencanakan atas hidup kita.

RENUNGAN:

Roh kita TIDAK BISA PADAM kalau bukan kita SENDIRI yang MEMADAMKANNYA.

APLIKASI:

1. Hal apa yang seringkali membuat roh Anda padam?
2. Bisakah Anda menyadari saat roh Anda mulai padam? Apa sajakah tandanya?
3. Bagaimana Anda akan berjuang agar roh Anda selalu menyala-nyala di dalam Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Terimakasih Tuhan melalui pengorbanan-Mu dan kebangkitan-Mu, kami beroleh keselamatan. Ini hidup kami Tuhan, kami mau terus nyalakan roh kami untuk melayanimu sampai akhir hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!