Jangan Pegang Harta Erat-Erat

ReKa | Renungan Keluarga Allah
The Power To Get Wealth #2 | Hari #5
Jumat, 19 Februari 2016

BACAAN HARI INI

1 Timotius 6:1-10

RHEMA HARI INI

1 Timotius 6:10 Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Alkisah di daratan Tiongkok, suatu hari sekelompok pemuda menyeberangi sungai dengan perahu. Dalam perjalannya, tiba-tiba arus sungai tersebut berubah menjadi deras dan ganas. Usaha mereka untuk mempertahankan perahu akhirnya gagal dan perahu tersebut terbalik. Dalam kondisi yang demikian, semua penumpang berusaha menyelamatkan diri dengan berenang sekuat tenaga menuju ke tepi, namun ada seorang yang ketinggalan. Mereka yang lebih dahulu sampai ke tepi, berteriak kepada temannya yang tertinggal, “Ayo cepat! Buang saja uang itu. Apa gunanya uang itu kalau kamu tenggelam.” Pemuda itu yang sedang susah payah membawa kantong uangnya, mendengar teriakan temannya, namun hatinya masih merasa sayang untuk membuang uangnya (saat itu uang di Tiongkok masih berupa tembaga atau emas yang dibentuk seperti sepatu). Ia masih berusaha berenang dengan membawa sejumlah uang yang dililitkan di pinggangnya. Namun usahanya sia-sia. Semakin ia berusaha, semakin berkurang tenaganya. Pada akhirnya ia tenggelam dan mati bersama uang itu. Pemuda ini mati sia-sia karena kecintaannya kepada uangnya.

Ingat, setiap harta yang kita pegang erat-erat dan kita jauhkan dari Tuhan, pada akhirnya nanti akan menjauhkan diri kita dari Tuhan. Uang bisa membuat orang terpikat dan melupakan segalanya, bahkan nyawanya sendiri. Sebenarnya uang secara fisik adalah sesuatu yang netral. Tetapi roh yang ada di balik uang itulah yang menentukan apakah uang itu akhirnya berdampak baik atau jahat. Kalau roh mamon yang menguasai uang, maka setiap kali kita akan mengembalikan persepuluhan atau memberikan persembahan kepada Tuhan, maka roh mammon itu akan berkata: Nggak usahlah, ngapain?! Percuma! Lebih baik dipakai untuk keperluan ini, lebih baik disimpan untuk diri sendiri saja, lebih baik tidak usah diberikan kepada Tuhan. Itulah yang dikatakan mammon karena mamon akan selalu berusaha supaya kita tidak melayani Tuhan dengan harta kita. Tetapi kalau Roh Allah yang mengendalikan uang, maka Roh Allah itu akan mengatur bagaimana supaya keuangan itu bisa dipakai untuk kemuliaan nama-Nya, sehingga semakin hari kita semakin diberkati dan semakin menjadi berkat, dan nama Tuhan dipermuliakan melalui hidup kita.

Hari ini, bebaskan hidup kita dari roh cinta uang. Biarlah hati kita dipenuhi dengan cinta akan Tuhan, sehingga kita dengan rela menaati setiap perintah dan petunjuk Tuhan mengenai keuangan, dan kita menerima anugerah Tuhan yang berlimpah dalam hidup kita.

RENUNGAN

Setiap HARTA YANG KITA PEGANG ERAT-ERAT dan kita jauhkan dari Tuhan akan membawa kita MENJAUH DARI TUHAN.

APLIKASI

Komitmen apa yang akan Anda lakukan supaya terbebas dari cinta uang?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, ajar kami untuk menghadapkan hidup kami hanya kepada-MU. Biarlah mata kami hanya tertuju kepada-MU. Biarlah cinta kami hanya untuk-MU. Kami rindu segenap hidup kami Engkau pakai untuk memuliakan nama-MU. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Amsal 6-9