Jangan Pernah Bergerak Tanpa Mandat Dari Tuhan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 49-50
Roma 1

BACAAN HARI INI

Yesaya 30:1-17

RHEMA HARI INI

Yesaya 30:1 Celakalah anak-anak pemberontak, demikianlah firman TUHAN, yang melaksanakan suatu rancangan yang bukan dari pada-Ku, yang memasuki suatu persekutuan, yang bukan oleh dorongan Roh-Ku, sehingga dosa mereka bertambah-tambah,

“Loh gimana to, Pah, lampunya kan masih merah, kok nyelonong saja!” Susi berteriak kepada Tono, suaminya. Tono spontan mengerem mobil supaya tidak tertabrak. “Walah, aku kira sudah hijau tadi, Mah. Motor depan kita sudah nyeberang. Ternyata nekat dia.” Karena tak bisa maju ataupun mundur, jadilah mobil mereka akhirnya berhenti melebihi batas berhenti perempatan.

Bacaan Yesaya 30 hari ini mengisahkan tentang Yehuda yang diserang Asyur dan lebih memilih mencari perlindungan kepada Mesir daripada berlindung pada Tuhan. Persekutuan Yehuda dengan Mesir itu sama artinya dengan menganggap rendah Tuhan, karena mereka lebih mempercayai kekuatan manusia daripada kuasa Tuhan. Sama seperti sikap Yehuda, banyak orang sering kali terlalu berani melangkah tanpa menunggu petunjuk Tuhan. Banyak orang lebih suka mengikuti situasi kondisi sekitar daripada fokus pada tuntunan Tuhan. Ibarat mengendarai mobil, saat berada di perempatan, kita tidak boleh terlena mengikuti kendaraan lain, tetapi harus fokus pada petunjuk lampu lalu lintas. Berhenti disaat lampu merah, dan berjalan saat lampu hijau.

Saat ini, marilah kita introspeksi hidup kita masing-masing, apakah kita sudah berjalan sejalan dengan petunjuk Tuhan? Jika saat ini kita terlanjur melakukan keputusan tanpa perintah Tuhan, marilah segera bertobat. Jika saat ini kita tengah terpuruk akibat keputusan yang keliru, segera berbaliklah pada Tuhan karena Dialah sumber pemulihan. Biasakanlah diri untuk selalu bersabar menantikan perintah dari Tuhan. Saat kita bisa menangkap perintah Tuhan yang datang pada kita, hidup kita pun akan berjalan dalam rencana-Nya. Saat itulah, terang-Nya akan menuntun kita. Tahun ini, kita boleh bersyukur karena Tuhan sudah memberikan mandat membebaskan bangsa kepada gereja kita. Ayo kita responi mandat dari Tuhan dan mengerjakannya dengan sebaik-baiknya.

RENUNGAN

Jangan pernah mencoba BERGERAK TANPA MANDAT dari Tuhan, sebab kita hanya akan menemui KEGAGALAN.

APLIKASI

1. Sudahkan Anda bergerak dengan mandat Tuhan? Mengapa demikian?
2. Mengapa Anda harus menjalankan mandat dari Tuhan bagi hidup Anda?
3. Bagaimana Anda bisa mulai bergerak sesuai mandat Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau bukan Allah yang membiarkan anak-anak-Mu berjalan tanpa tentu arah. Engkau selalu menetapkan langkah-langkah kami. Ajari kami, agar kami boleh selalu berjalan sesuai petunjuk-Mu, agar kami pun boleh menggenapi rencana-Mu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”