JANGAN SAMPAI ROH ALLAH MENINGGALKAN KITA

RHEMA HARI INI

Mazmur 51:13 Janganlah membuang aku dari hadapan-Mu, dan janganlah mengambil roh-Mu yang kudus dari padaku!

Salah satu raja yang namanya tentu sudah tidak asing bagi kita adalah raja Saul. Saul berasal dari suku terkecil di Israel yaitu suku Benyamin. Walaupun Saul sangat elok parasnya, berbadan tegap dan lebih tinggi dari setiap orang sebangsanya (1 Sam 9:2) namun Saul awalnya tidak percaya diri untuk menjadi raja Israel. Nabi Samuel berbicara padanya semalam-malaman, lalu mengurapinya dengan minyak sebagai tanda bahwa Tuhan berkenan atas Saul. Roh Kudus mulai bekerja dalam hidup Saul, memberinya keberanian, kemampuan dan juga karisma untuk memimpin bangsa Israel mengalahkan musuh-musuhnya.

Sayangnya di tengah kejayaan masa pemerintahannya, Saul mulai tidak taat pada Allah. Diawali ketika Saul tidak sabar menunggu kedatangan Nabi Samuel dan mendahului mempersembahkan korban bakaran, dilanjutkan dengan mengabaikan perintah Allah untuk memusnahkan seluruh kaum Amalek beserta ternak mereka dan meloloskan hidup raja Agag. Inilah garis akhir bagi Saul, karena sejak itu Allah menarik kembali Roh-Nya dari Saul. Walaupun Saul diperbolehkan menyelesaikan hidupnya sebagai raja, roh jahat mulai berkuasa atas hidupnya dan ia berakhir binasa secara tragis. Saul memilih mengakhiri hidupnya dengan menjatuhkan diri ke atas pedangnya sendiri. Daud yang dekat dengan Saul, sangat mengerti apa konsekuensi jika ditinggalkan oleh Roh Kudus. Sehingga ketika ia lengah dan jatuh dalam dosa bersama Betsyeba, Daud segera menyesalinya dan berdoa memohon agar Tuhan tidak mengambil Roh Kudus darinya.

Sama seperti Daud, jika kita memiliki hubungan yang dekat dengan Roh Kudus, kita akan tahu jika kita telah menyakiti hati-Nya. Mungkin Roh Kudus telah mengingatkan kita, tetapi kita mengeraskan hati dan memilih memuaskan keinginan daging kita. Roh Kudus bisa sedih, bisa kecewa, tersinggung bahkan marah dan bisa saja meninggalkan kita. Oleh sebab itu, jagalah hidup kita senantiasa kudus, waspada atas keinginan daging yang akan mendukakan Roh Kudus jika kita menurutinya. Mari kita ambil komitmen untuk senantiasa mencari tuntunan Roh Kudus sepanjang hari. Fokuskan pikiran dan tindakan kita untuk mengejar apa yang menjadi kesukaan Roh Kudus. Sehingga kita akan dibawa terus naik dari kemuliaan pada kemuliaan di tahun Roh Kudus ini.

RENUNGAN

Jagalah hidup kita SENANTIASA KUDUS supaya Roh Allah TIDAK MENINGGALKAN kita.

APLIKASI

1. Seberapa pentingnya hadirat Roh Kudus dalam hidup Anda?
2. Pernahkah Anda merasa begitu jauh dari hadirat Roh Kudus? Apakah penyebabnya saat itu?
3. Bagaimana cara Anda untuk senantiasa hidup dalam kekudusan?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa terima kasih atas Roh Kudus-Mu yang senantiasa menolong kami. Roh yang senantiasa menuntun kami hidup dalam kekudusan. Tolong kami untuk bisa taat dan mengerti apa keinginan Roh Kudus, sehingga melalui setiap tindakan, ucapan dan keputusan yang kami ambil, Roh Kudus disukakan. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!