Jangan Takut Deklarasi Profetik

BACAAN HARI INI
1 Tawarikh 4:1-23

RHEMA HARI INI
1 Tawarikh 4:10 Yabes berseru kepada Allah Israel, katanya: “Kiranya Engkau memberkati aku berlimpah-limpah dan memperluas daerahku, dan kiranya tangan-Mu menyertai aku, dan melindungi aku dari pada malapetaka, sehingga kesakitan tidak menimpa aku!” Dan Allah mengabulkan permintaannya itu.

Yabes adalah salah satu nama yang pernah disebutkan di dalam Alkitab. Namanya terselip di antara ratusan nama pada daftar silsilah suku Yehuda. Mungkin sebagian dari kita tidak familiar dengan nama Yabes, sebab dalam perjanjian lama hanya ada 2 ayat dalam 1 Tawarikh 4:9-10 yang menyebutkan tentang dirinya. Tidak banyak yang dapat kita ketahui tentang Yabes, bahkan nama ayah dan ibunya pun tidak disebutkan. Namun demikian, doa yang diucapkan Yabes begitu terkenal, sampai ada lagu yang diciptakan berisikan tentang doa Yabes. Nama Yabes sendiri memiliki arti yang sangat buruk. Yabes berarti kesakitan (pain), penderitaan atau nasip buruk (bad luck). Nama itu diberikan ibunya karena rasa sakit waktu melahirkan Yabes.

Masa lalu Yabes yang demikian itu tidak membuatnya lemah, tapi justru membuat ia memiliki keyakinan bahwa hidupnya tidak bergantung pada nasib tetapi pada Allah. Ia memiliki keberanian untuk mengalahkan masa lalunya yang suram dan berdoa pada Allah untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Yabes tidak ragu-ragu mengajukan doa permintaan berkat Allah, perluasan daerah, penyertaan Allah dan perlindungan dari malapetaka. Doa Yabes adalah deklarasi profetik atas mujizat yang diharapkan terjadi oleh Yabes.

Jika sekarang ini kita sedang mengalami keadaan yang tidak baik, mari belajar memiliki iman seperti Yabes. Perkatakan deklarasi profetik mujizat yang kita harapkan terjadi atas pergumulan kita. Jika kita merasa pengharapan sirna, jalan-jalan tertutup dan tantangan hidup semakin berat, arahkan pandangan kita kepada Allah dalam iman dan doa. Janganlah melihat keadaan kita dengan mata jasmani kita, tetapi lihatlah dengan mata roh, lihatlah dari kacamata Tuhan. Buang jauh-jauh rasa ragu, bimbang, malu dan takut bila apa yang kita deklarasikan tidak terjadi. Percaya dan mengikut sepenuhnya pada Yesus, hiduplah dalam iman sepenuhnya dengan Yesus. Percayalah Allah sanggup mengadakan apa yang kita butuhkan bahkan sudah menyediakannya bagi kita yang percaya kepada-Nya. (LEW)

RENUNGAN
JANGAN TAKUT dan RAGU untuk memperkatakan DEKLARASI PROFETIK atas MUJIZAT YANG KITA BUTUHKAN.

APLIKASI
1.    Apakah pergumulan yang sedang Anda hadapi saat ini?
2.    Sudahkah Anda memperkatakan deklarasi profetik atas mujizat yang Anda perlukan? Jika belum, mengapa?
3.    Carilah janji firman Tuhan atas pergumulan Anda dan mulailah deklarasi profetik.
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami bersyukur atas apapun yang sedang kami hadapi saat ini. Kami mau percaya sepenuhnya kepada-Mu bahwa mujizat telah kami alami. Engkau Allah yang sanggup melakukan mujizat besar bagi kami.  Di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.