Janganlah Menjadi Hamba Uang

Renungan Keluarga Allah
Jumat, 10 Februari 2017

BACAAN HARI INI

Ibrani 13:5-8

RHEMA HARI INI

Ibrani 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.

Millard Fuller adalah tamatan fakultas hukum yang sukses dari Universitas Alabama pada pertengahan 1950-an. Fuller memiliki jiwa wiraswasta dan bahkan ketika masih mahasiswa ia memperoleh banyak uang dengan menjual barang-barang melalui katalog, menyediakan layanan antar kue ulang tahun bagi mahasiswa, menerbitkan buku-buku masak, dan masih banyak lagi. Beberapa tahun setelah lulus, Fuller berhasil mengumpulkan uang lebih dari satu juta dolar, namun demikian, hal itu tidak membuat istrinya bahagia. “Jika yang ingin kau lakukan hanyalah mencari uang,” katanya, “aku akan pergi.” Kemudian Fuller menjawab, “Aku akan membagi-bagikan seluruh uangku asalkan engkau tidak meninggalkan aku,” dan ia melakukannya. Ia memberikan semua uang yang ia miliki dan fokus pada pelayanan gereja.

Kemudian mereka pindah ke daerah pedesaan di Georgia. Lima tahun mereka tinggal di sana, lalu pindah ke Zaire sebagai misionaris dan mulai membangun rumah untuk orang-orang miskin yang membutuhkan. Setelah menghabiskan tiga tahun di Zaire, ia pindah kembali ke Amerika Serikat dan mendirikan Habitat for Humanity, sebuah organisasi nonprofit yang menyediakan rumah untuk keluarga-keluarga yang memerlukan tempat tinggal. Hari ini, program Habitat tersebar dalam 1.400 komunitas di seluruh Amerika Serikat, dan sekitar 70 negara lainnya. Hidup Fuller tercermin dalam kata-katanya, “Saya melihat hidup sebagai karunia dan tanggung jawab. Tanggung jawab saya adalah menggunakan apa yang telah Tuhan berikan kepada saya untuk membantu umat-Nya yang membutuhkan”

Bagaimana keadaan kita sekarang? Apakah energi kita habis untuk bekerja? Bekerja seakan tidak ada habisnya, mengumpulkan harta seolah berlomba untuk gelar orang terkaya? Sementara waktu kita habis untuk bekerja, kita melupakan tanggung jawab kita pada Tuhan, keluarga dan pelayanan gereja. Mari ubah pola hidup kita. Bukan kita yang menjadi hamba uang, tetapi berusahalah membuat uang menjadi hamba kita. Gunakan uang untuk memenuhi tujuan Tuhan dalam hidup kita, maka uang akan bekerja untuk kita dan menghasilkan bukan hanya uang, tetapi favor Tuhan pun memenuhi hidup kita. Amin.

RENUNGAN

Janganlah menjadi hamba uang, tetapi JADIKAN UANG SEBAGAI HAMBA untuk MEMENUHI TUJUAN TUHAN dalam hidup kita

APLIKASI

  1. Bagaimanakah fokus hidup Anda sementara Anda mencari uang selama ini? Untuk apakah Anda mengumpulkan uang?
  2. Bagaimanakah cara memperlakukan uang yang sesuai dengan firman Tuhan?
  3. Bagaimanakah Anda dapat memenuhi tujuan Tuhan dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, kami mau belajar menggunakan harta yang kami miliki untuk melakukan hal-hal yang Engkau sukai. Biarlah kami dapat memenuhi tujuan-Mu dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Raja-raja 15
2 Tawarikh 26