JANGANLAH MENUTUP HATI DAN MENOLAK FIRMAN

RHEMA HARI INI

Maleakhi 2:2 Jika kamu tidak mendengarkan, dan jika kamu tidak memberi perhatian untuk menghormati nama-Ku, firman TUHAN semesta alam, maka Aku akan mengirimkan kutuk ke antaramu dan akan membuat berkat-berkatmu menjadi kutuk, dan Aku telah membuatnya menjadi kutuk, sebab kamu ini tidak memperhatikan.

Di dalam Kitab 1 Samuel diceritakan tentang kedua anak Imam Eli yakni Hofni dan Pinehas. Meskipun Imam Eli dikenal sebagai imam besar, namun Hofni dan Pinehas adalah orang dursila dan tidak mengindahkan Tuhan. Mereka berdua hidup tidak benar dan melakukan hal-hal yang jahat di mata Tuhan. Sebenarnya Imam Eli terus menasihati kedua anaknya itu tetapi mereka tidak pernah mendengarkannya. Imam Eli sepertinya juga tidak pernah menasihati anaknya itu dengan keras sungguh-sungguh supaya mereka bertobat. Akhirnya Tuhan pun murka dan menghukum mereka. Tuhan mengutuk keluarga itu dengan kematian turun-temurun.

Orang-orang Yahudi pada zaman Maleakhi adalah orang-orang yang meragukan kasih dan janji-janji Allah. Mereka menyangsikan keadilan-Nya dan tidak mau taat kepada perintah-Nya. Bahkan para imam, yang seharusnya menjadi contoh ketaatan dan kekudusan, malahan mencemarkan pelayanan yang diberikan Allah kepada mereka. Mereka tidak memberi perhatian atau menghormati nama-Nya. Karena itu Allah mengirim kutuk dan membuat berkat mereka menjadi kutuk.

Dari kisah di atas tadi kita bisa tahu bahwa ternyata Tuhan bisa sangat marah bila firman-Nya tidak didengar dan diabaikan. Hukuman yang diterima keluarga Imam Eli dan orang Yahudi di zaman Maleakhi adalah sebagai akibat dari tindakan mereka yang menyinggung hati Tuhan. Kita semua pasti tidak ingin mengalami hukuman seperti mereka. Oleh karena itu, mari malam hari ini kita periksa diri kita masing-masing. Mari kita ambil komitmen untuk selalu menyenangkan Roh Kudus. Mari kita buka hati lebar-lebar untuk mau mendengar, mau memperhatikan, dan menangkap setiap firman Tuhan yang disampaikan-Nya dengan sukacita dan penuh rasa syukur. Percayai dan aminkan setiap firman Tuhan dengan keras kemudian bagikan kepada orang lain dan kerjakan firman itu dengan sungguh-sungguh.

RENUNGAN

Menutup hati dan menolak firman sangat MENYINGGUNG Roh Kudus.

APLIKASI

1. Bagaimana sikap Anda ketika mendengar firman Tuhan disampaikan?
2. Menurut Anda, bagaimana bentuk menutup hati dan menolak firman Tuhan?
3. Bagaimana respon yang benar terhadap firman Tuhan yang akan menyenangkan hati Roh Kudus?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, ampuni kami jika kami pernah menutup hati dan menolak firman-Mu. Kami berjanji akan sepenuh hati mendengarkan dan memperhatikan firman-Mu. Firman kebenaran yang hidup dan berkuasa. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!