Jembatan Jiwa

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 16:19-40

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 16:25 “Tetapi kira-kira tengah malam Paulus dan Silas berdoa dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dan orang-orang hukuman lain mendengarkan mereka.”

Suatu hari, seorang dokter datang ke rumah salah seorang pasien kanker paru-paru yang ia tangani untuk pemeriksaan terakhir. Karena kondisinya sudah amat kritis, bapak ini hanya dapat terbaring lemah di ranjang, ditemani istri dan anak-anaknya. Semua orang sudah tahu bahwa waktunya tidak lama lagi.

“Dokter, akhir-akhir ini aku mulai sering berdoa,” ucapnya dengan suara parau. “Oh ya, baguslah, Pak. Apa yang bapak doakan?” tanya dokter itu. “Aku tidak mendoakan apapun,” jawab pria itu. “Bagaimana aku tahu apa yang harus di doakan?”

Dokter itu terperanjat. Ia menganggap ini adalah hal yang sangat mengejutkan. Bagaimana bisa seseorang tidak meminta apapun dalam doanya. “Kalau doa bukan untuk meminta, untuk apa doa itu?” tanya sang dokter keheranan. “Doaku bukanlah untuk apa-apa,” kata pria itu setelah beberapa saat berpikir dalam diam. “Doaku terutama mengingatkan aku bahwa aku tidak sendirian. Aku merasa tenang.”

Sadarkah kita bahwa jiwa adalah jembatan penghubung antara roh dan tubuh? Disaat kita membuka pintu jiwa kita bagi roh, maka roh akan mengendalikan jiwa kita. Roh yang sudah diisi dengan pujian penyembahan, Firman Tuhan, dan doa akan membuat Roh ini penuh, sehingga ia bisa mengendalikan jiwa kita. Jiwa yang sudah diisi penuh dengan roh otomatis akan mempengaruhi tubuh. Disaat itulah kita akan mengalami hadirat Tuhan yang nyata setiap hari. Disaat itulah kita dapat hidup dalam dimensi supernatural bersama dengan Tuhan. Situasi kita bukan penentu kebahagiaan dan kedamaian hidup kita, namun Roh Kuduslah yang berkuasa penuh atas hidup kita. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Ketika kita sinkronkan JIWA DAN TUBUH KITA DENGAN ROH kita untuk menyembah Tuhan, saat itulah kita akan mengalami HADIRAT TUHAN yang nyata.

APLIKASI
• Bagaimana kondisi jiwa Anda hari ini ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami mau tenggelam dalam hadirat-Mu. Ajarkan kami untuk selalu membenahi jembatan jiwa dan mengisi roh supaya hadirat-Mu penuh atas hidup kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 1-2
Titus 2