Jenis Iman Yang Menentukan Realita Pengharapan

ReKA Video

 

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
Matius 17:14-21

RHEMA HARI INI
Matius 17:20 Ia berkata kepada mereka: “Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, — maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Pantai Sukamade di Banyuwangi, Jawa Timur, merupakan habitat penyu yang dilindungi. Setiap malam di sepanjang tahun, pasti selalu ada penyu yang naik ke pinggir pantai untuk bertelur. Sekitar 100 butir telur penyu bisa ditemukan setiap malam di sepanjang pesisir Pantai Sukamade. Telur-telur penyu itu akan menetas dua bulan kemudian dan menghasilkan tukik atau anak penyu. Jenis kelamin tukik ditentukan dari jenis sarang. Jika sarangnya bersuhu panas, maka akan lebih banyak tukik betina yang dihasilkan, sedangkan tukik jantan lebih banyak menetas pada sarang yang lebih dingin.

Seperti jenis kelamin tukik yang ditentukan dari jenis sarangnya, demikian juga pengharapan seperti apa yang menjadi kenyataan dalam hidup kita ditentukan dari jenis iman seperti apa yang kita miliki dalam hati. Jika iman kita kecil, maka pengharapan-pengharapan kecil sajalah yang akan menjadi realitas dalam hidup kita. Jika iman kita besar, maka pengharapan untuk hal-hal besarlah yang akan menjadi kenyataan dalam hidup kita.

Tuhan kita yang Mahabesar sangat ingin kita memiliki iman yang besar, sebab Dia sangat rindu kita bisa mengalami hal-hal besar yang sudah disediakan-Nya bagi kita. Ketika iman kita kecil, sesungguhnya kita sedang membuang banyak sekali potensi dan rencana besar Tuhan untuk hidup kita. Itu sebabnya Tuhan terus memberikan rhema demi rhema untuk kita, supaya iman kita bisa dibangkitkan sampai kita bisa mengalami ledakan iman. Ketika kita sudah mengalami ledakan iman, maka kita akan berani percaya untuk hal-hal yang sangat besar, yang jauh melampaui kemampuan kita sebagai manusia. Saat itulah mujizat-mujizat besar, bahkan mujizat super besar, akan dinyatakan Tuhan dalam hidup kita.

RENUNGAN
PENGHARAPAN SEPERTI APA yang jadi realita dalam hidup kita ditentukan dari JENIS IMAN SEPERTI APA yang kita miliki dalam hati kita.

APLIKASI
1. Jenis iman seperti apa yang Anda miliki dalam hati Anda saat ini?
2. Pengharapan apa yang Anda inginkan menjadi realitas dalam hidup Anda?
3. Komitmen apa yang akan Anda ambil supaya pengharapan Anda bisa menjadi realitas melalui iman Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan, terima kasih untuk rancangan-Mu yang sangat besar dalam hidup kami. Ajar kami bisa mengerti dan menangkapnya dengan iman kami, sehingga kami bisa mengalami hal-hal yang sangat besar dalam Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hakim-Hakim 7-8
Lukas 5:1-16