JIWA YANG PULIH TOTAL, KUAT MENGHADAPI BERBAGAI MACAM TANTANGAN

BACAAN HARI INI

2 Timotius 1:3-18

RHEMA HARI INI

2 Timotius 1:7 Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Perasaan yang paling sering dan mudah dialami oleh semua manusia adalah kecewa. Adalah wajar jika kita manusia menginginkan segala sesuatu berjalan baik dan lancar. Kenyataannya, kita tidak pernah dapat mengontrol orang lain atau situasi selalu sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Dan hal ini membuat kita akhirnya kecewa. Kegagalan yang kita alami pun merupakan faktor penyebab munculnya rasa kecewa. Kita merasa sudah melakukan usaha yang terbaik, mengerahkan seluruh daya upaya kita, tapi tetap saja gagal. Tentu sangat kecewa rasanya.

Rasa kecewa ini jika dibiarkan berlarut-larut, lama kelamaan akan menimbulkan kepahitan hati, hilangnya pengharapan atau menjadi kemarahan yang terpendam. Tanpa kita sadari, jiwa kita yang semula diciptakan Tuhan bersih dan sehat, tercemari oleh berbagai perasaan negatif. Dan seperti tubuh yang terus terpapar oleh pencemaran lama-lama akan menjadi sakit, begitupun jiwa kita yang tergerus oleh kekecewaan, sakit hati, kepahitan, prasangka buruk,kemarahan dan lain sebagainya, akan menjadi sakit. Orang yang jiwa nya sakit, mudah sekali putus asa atau merespon negatif saat bertemu dengan tantangan. Mereka menjadi mudah emosi, defensif, egois, sering stress, depresi dan segudang hal-hal negatif lain, yang tentunya menyusahkan atau bahkan menyakiti orang lain.

Bicara soal kecewa, ada baiknya kita belajar pada Yesus. Yesus yang karena kasih-Nya begitu besar pada kita, rela datang ke dunia untuk menyerahkan diri-Nya supaya kita beroleh keselamatan, justru difitnah. Yesus sering dipojokkan dan sering dibully. Dan yang paling mengecewakan, disaat Yesus paling membutuhkan dukungan, para murid yang sangat dikasihi-Nya malah meninggalkan-Nya. Seorang diri menghadapi hinaan, siksaan dan hukuman yang tidak seharusnya Dia terima. Tapi kasih Yesus TETAP TIDAK BERUBAH, Dia tidak menjadi kecewa dan merubah keputusan-Nya. Dia tetap kuat, menanggung semua yang harus dihadapi-Nya untuk menyelesaikan misi-Nya datang ke dunia. Hari ini, jika ada diantara kita yang masih terluka jiwanya, segera datang pada Tuhan. Terima kesembuhan total atas jiwa kita. Sebab hanya mereka yang jiwanya pulih total, yang akan kuat menghadapi berbagai macam tantangan dan meraih kemenangan besar dalam misi kerasulan yang Tuhan percayakan. (PF)

RENUNGAN

Memiliki JIWA yang PULIH TOTAL, membuat kita menjadi KUAT dalam menghadapi berbagai macam TANTANGAN.

APLIKASI

1. Apa saja yang bisa menjadi tanda bagi Anda bahwa jiwa Anda telah mengalami pemulihan total?
2. Mengapa orang yang jiwanya belum dipulihkan, akan kesulitan untuk menjalankan misi dari Tuhan?
3. Bagaimana sikap hati Anda setelah jiwa Anda pulh total saat menghadapi berbagai macam tantangan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih Engkau telah datang untuk menyembuhkan dan memulihkan secara total, jiwa setiap kami. Kami menyadari akan banyaknya tantangan yang ada di depan kami, tapi kami percaya, dengan jiwa yang pulih total, kami akan mampu mengerjakan misi kerasulan dengan baik dan berkemenangan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!