01 Desember 2015 – Kalahkan Kejahatan Dengan Kebaikan

Bacaan Hari Ini

Roma 12:9-21

Rhema Hari Ini

Roma 12:21 Janganlah Kamu Kalah Terhadap Kejahatan, Tetapi Kalahkanlah Kejahatan Dengan Kebaikan!

Seorang Misionaris Melayani Tuhan Di Tengah-Tengah Suku Primitif Di Afrika. Istrinya Dibunuh Orang Disana Dan Anaknya Dibuang Ke Sungai Sebagai Santapan Buaya. Sedangkan Dirinya Dikurung Dan Menunggu Saatnya Untuk Dijadikan Korban Persembahan Bagi Dewa Mereka. Syukurlah, Karena Tiba-Tiba Terjadi Kebakaran, Orang-Orang Primitif Melarikan Diri Sehingga Ia Mempunyai Kesempatan Untuk Meloloskan Diri. Sewaktu Ia Mau Meninggalkan Tempat Kurungan Itu, Tiba-Tiba Ia Mendengar Suara Anak Kecil Yang Sedang Menangis Di Tengah-Tengah Rumah Yang Diamuk Api. Dengan Susah Payah, Akhirnya Ia Dapat Menyelamatkan Anak Tersebut. Setelah Diperhatikan, Barulah Diketahui Bahwa Anak Tersebut Adalah Putera Kepala Suku Yang Membunuh Isteri Dan Anaknya. Sebenarnya Ini Merupakan Kesempatan Baginya Untuk Membalas Dendam Dengan Membunuh Anak Tersebut. Tetapi Ia Tidak Berbuat Demikian. Sebaliknya Ia Berdoa Kepada Tuhan, “Ya Tuhan, Apa Yang Dapat Kukorbankan Sudah Kukorbankan. Sekarang Aku Mau Mengorbankan Diriku, Dengan Membawa Anak Ini Kepada Kepala Suku. Dan Sekali Lagi Mengabarkan Injil Kepadanya. Mohon Tuhan Engkau Membuka Pintu Penginjilan Kepada Orang-Orang Ini. Biarpun Karena Itu, Aku Harus Mengorbankan Nyawa, Aku Sangat Rela!” Setelah Berdoa, Dengan Memeluk Anak Itu Ia Menemui Kepala Suku. Pada Waktu Itu Kepala Suku Sedang Panik Dan Istrinya Sedang Mamanggil-Manggil Nama Anaknya. Tiba-Tiba Mereka Melihat Misionaris Yang Dibencinya Itu Sedang Memeluk Anaknya. Dengan Penuh Kasih Sayang Misionaris Itu Menyerahkan Anak Tersebut Kepada Orang Tuanya. Kepala Suku Ini Merasa Heran Dan Berpikir, “Aku Mau Membunuhnya, Tetapi Ia Malah Menyelamatkan Anakku. Ini Berarti Ia Bukan Musuh Melainkan Sahabat. Aku Harus Berbuat Baik Padanya.” Sejak Itu Kepala Suku Memberikan Kebebasan Kepada Penginjil Itu Untuk Mengabarkan Injil Di Tengah-Tengah Suku Bangsanya.

Kisah Membalas Kejahatan Dengan Kebaikan Bisa Saja Tidak Terjadi Seperti Itu. Ada Yang Sudah Berkali-Kali Mengalami Perlakuan Buruk Dan membalasnya dengan perlakuan baik, tetapi masih saja diperlakukan dengan tidak baik. Sesungguhnya, bukan bagian kita untuk menentukan kapan waktunya perbuatan baik kita sebagai balasan atas perbuatan buruk akan membuahkan hasil yang baik. Semuanya ada di tangan Tuhan yang memegang kendali atas segala sesuatunya.

Bagian kita adalah terus-menerus berbuat baik, bagaimanapun perlakuan buruk yang kita terima. Dengan melakukannya, kita akan menemukan kedamaian hati karena kita tahu betul bahwa kita sudah melakukan hal yang benar di hadapan Tuhan. Kedamaian hati itulah yang akan mendatangkan kebahagiaan dalam hidup kita.

RENUNGAN

Orang-orang yang belajar MENGALAHKAN KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN akan menikmati kebahagiaan yang luarbiasa di dalam hidupnya.

APLIKASI

Perbuatan baik apa yang akan Anda lakukan untuk membalas perlakuan buruk yang Anda terima?

DOA UNTUK HARI INI

Kami bersyukur Tuhan karena di dalam Engkau kami cakap menanggung segala perkara. Kami rindu melakukan hal yang baik kepada orang-orang yang sudah memperlakukan kami dengan buruk. Kami percaya bahwa hidup kami akan Engkau pakai untuk memancarkan cahaya kasih dan kemuliaan-MU kepada orang lain. Terimakasih Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 6, 8-10,14,16,19,21