Karakter Ilahi

BACAAN HARI INI
1 Samuel 2:11-26

RHEMA HARI INI
1 Samuel 2:26 Tetapi Samuel yang muda itu, semakin besar dan semakin disukai, baik di hadapan TUHAN maupun di hadapan manusia.

“Ayo cepat! Aku tidak mau ketinggalan pesawat!”

Terlihat sekelompok pria bersetelan rapi tengah berlari dengan tergesa-gesa. Rupanya mereka harus mengejar pesawat untuk mengikuti konferensi di Chicago. Tiba-tiba, tanpa sengaja, seorang dari mereka menyenggol sebuah gerobak berisi apel-apel yang dijual di pinggir jalan.

“Ah, sudahlah, biarkan saja apel-apel itu. Hei! Kita akan terlambat!”

“Kalian pergi duluan saja, aku akan mengejar penerbangan berikutnya. Sampaikan maafku karena terlambat.”

Pria tersebut membuat sebuah keputusan yang tepat. Gadis penjual apel itu ternyata buta! Ia menangis. Terlihat semburat frustasi di wajahnya ketika ia meraba-raba mencoba mengumpulkan apel yang berserakan. Teriakan minta tolongnya pun tidak ditanggapi oleh orang-orang yang berlalu lalang.

Pria tersebut menaruh kopernya di pinggir jalan dan segera mengumpulkan apel-apel yang masih utuh. Tidak lama kemudian, apel-apel sudah tertata rapi di dalam gerobak. “Apakah kamu baik-baik saja?” Ia mendekati si gadis. “Apel-apelmu sudah terkumpul kembali di dalam gerobak. Nanti sesampainya di rumah, kau hanya perlu mencucinya. Nah, ambillah, ini 40 dolar untuk mengganti kerusakan apel-apelmu.” Sambil masih tersedu sedan, si gadis mulai menghapus air matanya. “Maafkan teman-temanku. Aku harap kecerobohan kami tidak merusak harimu. Aku permisi dulu.”

Ketika pria itu hendak pergi, ”Tuan…Tuan…” Pria itu berbalik. “Apakah engkau adalah Yesus?”

***

Karakter adalah sifat-sifat yang melekat dalam diri seseorang dan memancar keluar lewat perbuatannya. Seringkali, orang lain baru bisa melihat karakter sejati seseorang dalam keadaan yang terdesak, seperti ilustrasi diatas. Sebagai pengikut Kristus, kita mengikuti teladan karakter Yesus Kristus selama pelayanan-Nya di dunia. Itulah karakter ilahi. Karakter ilahi yang tidak hanya mendatangkan perkenanan dari Tuhan dan manusia untuk hidup kita, namun juga memampukan kita untuk menjadi terang dan garam dunia. Amin. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN
KARAKTER ILAHI akan mendatangkan perkenanan Tuhan dan manusia datang atas hidup kita.

APLIKASI
 Jelaskan pengertian karakter ilahi yang Anda pahami.

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami mau belajar untuk semakin hari semakin serupa dengan Engkau. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Hakim-Hakim 7-8
Kisah Para Rasul 25