Karena Iman Lebih Dahsyat Dari Mata Jasmani

BACAAN HARI INI

1 Korintus 2:6-16

RHEMA HARI INI

1 Korintus 2:9 Tetapi seperti ada tertulis: “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.”

Kisah tentang Rahab tertulis di Kitab Yosua pasal 2-6. Awalnya Rahab adalah seorang perempuan sundal, yang tinggal di atas tembok kota Yeriko. Rahab mendengar tentang kedahsyatan Allah bangsa Israel, yang membebaskan dan menuntun bangsa Israel keluar dari tanah Mesir. Rahab mendengar bahwa Allah membelah laut Merah untuk bangsa Israel, dan Allah memberi kemenangan atas Sihon dan Og, raja orang Amori, kepada bangsa Israel. Berita inilah yang menimbulkan iman Rahab kepada Allah. Rahab meyakini dalam hatinya bahwa Allah bangsa Israel pastilah Allah atas langit dan bumi.

Iman menggerakkan Rahab untuk memberikan tumpangan dan melindungi 2 pengintai Israel. Iman jugalah yang membuat Rahab mengumpulkan sanak saudaranya dalam rumahnya dan menggantungkan tali dari benang kirmizi di luar jendelanya, sesuai instruksi 2 pengintai. Iman Rahab telah menyelamatkan Rahab dan seisi rumahnya.

Tindakan Rahab menunjukkan iman dan kasih Rahab kepada Allah, walaupun Rahab tidak pernah melihat Allah. Dan Allah menganugerahi Rahab dengan kasihNya yang besar dan ajaib. Sebagai ganti kehidupan lamanya, Allah memberikan kehidupan baru kepada Rahab. Rahab dan keluarganya diterima di tengah-tengah bangsa Israel. Rahab mendapatkan seorang pendamping dari bangsa Israel. Rahab bahkan menjadi nenek moyang dari Yesus Kristus (Matius 1:5). Satu penghargaan besar dari Allah kepada Rahab karena Rahab adalah orang asing pertama yang percaya kepada Allah bangsa Israel.

Iman adalah keyakinan bahwa Allah pasti melakukan hal-hal yang dahsyat. Iman lebih dahsyat dari mata jasmani karena iman melihat hal-hal yang tidak bisa dilihat oleh mata jasmani. Mari kita belajar untuk tidak terpaku pada keadaan kita sekarang ini. Mata jasmani kita mungkin belum melihat apa yang dijanjikan Allah kepada kita tetapi Allah sebenarnya menyediakan yang terbaik bagi semua orang yang mengasihi Dia. Jadi apapun masalah dan keadaan Anda sekarang, janganlah tawar hati. Ambil satu tindakan iman. Satu tindakan iman Anda akan menggerakkan hati dan kuasa Allah. Allah atas langit dan bumi pasti menyatakan kasih dan kuasaNya pada Anda.

RENUNGAN

Iman itu LEBIH DAHSYAT daripada apa yang bisa kita lihat oleh mata.

APLIKASI

  1. Situasi seperti apakah yang menggerakkan iman Anda? Tindakan iman apakah yang Anda ambil dalam situasi tersebut?
  2. Setelah Anda bertindak dengan iman, hal dahsyat apakah yang Allah anugerahkan untuk Anda? Ceritakan!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Allah, Pencipta langit dan bumi, terima kasih atas karya penebusanMU bagi kami. Tuhan, mohon ajari kami untuk hidup dengan iman kepadaMU, dan bukan dengan mata jasmani kami. Nyatakanlah, Tuhan, kasih dan kuasaMU dalam hidup kami. Semua hanya untuk kemuliaan NamaMU.
Di dalam Nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Matius 18