Karunia Roh Kudus Membawa Kebangunan Rohani

ReSIKA: Renungan Siang Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Roma 12:1-8

RHEMA HARI INI
Roma 12:6 Demikianlah kita mempunyai karunia yang berlain-lainan menurut kasih karunia yang dianugerahkan kepada kita: Jika karunia itu adalah untuk bernubuat baiklah kita melakukannya sesuai dengan iman kita.
Event Unlimited Conference (UC) 2019 memang sudah berakhir. Namun, akhir dari event ini adalah awal yang dahsyat bagi 2.620 peserta yang berkobar-kobar nyala api pelayanannya, bukan hanya bagi para peserta yang hadir tetapi juga yang mengikutinya lewat streaming. Pada akhir acara UC, sebanyak 235 KKS dilantik. Penambahan jumlah KKS berarti penambahan komsel baru. Penambahan komsel baru akan membawa semakin banyak jiwa yang diselamatkan. Selain KKS, Tuhan ternyata juga menambahkan 426 pelayan Tuhan bagi gereja kita, dan sebanyak 3.013 pelayan Tuhan bersemangat untuk melakukan rekomitmen. Jumlah itu sungguh-sungguh fantastis. Para Pelayan Tuhan ini akan melayani sebagai pelayan praise and worship, pelayan doa, pelayan ibadah, pelayan kids, teens, youth, SGD, SGS, penulis reka, multimedia, dan sebagainya. Kesemuanya melayani sesuai dengan karunia talenta yang dimiliki, serempak mewujudkan satu visi menyelamatkan satu juta jiwa, dengan kekuatan dari Roh Kudus.

Kita semua mengimani bahwa saat ini gereja kita sedang mengalami Great Revival, Kebangkitan Besar. Ini bukanlah kehendak manusia, tetapi merupakan karya Tuhan dan perkenanan Tuhan. Tuhanlah yang sudah berkenan memilih gereja kita, karena itu Dia pasti sudah mempersiapkannya, Dia akan memberi kekuatan, dan Dia juga akan memperlengkapi gereja kita. Itulah yang terjadi pada acara UC. Tuhan sudah memperlengkapi gereja kita dengan sedemikian banyak pahlawan yang sungguh-sungguh berkomitmen menggunakan berbagai karunia Roh yang dimilikinya untuk memuliakan Kristus. Para pahlawan Tuhan ini akan mengobarkan api kebangunan rohani dengan segenap hati dan iman. Berbagai karunia yang berbeda-beda akan saling melengkapi, bergerak bersama sebagai satu kesatuan di dalam tubuh Kristus.

Waktunya telah tiba. Waktu untuk gereja kita dipakai Tuhan secara luar biasa. Waktu munculnya para pahlawan Tuhan dari gereja kita telah tiba. Inilah waktu revival besar karena Tuhan sedang mencurahkan dan membangkitkan karunia-karunia Roh bagi gereja kita. Karunia berkata-kata dengan hikmat dan pengetahuan, karunia mujizat, karunia menyembuhkan, semua telah diaktifkan bagi jemaat Keluarga Allah. Semua jemaat gereja akan menerima curahan karunia Roh Kudus yang akan membawa kebangunan rohani yang sangat besar. Tsunami mujizat akan terus terjadi dan tsunami jiwa-jiwa akan sungguh-sungguh dahsyat melanda gereja kita.

RENUNGAN
Ada BANYAK JENIS karunia roh yang Tuhan berikan untuk membawa KEBANGUNAN ROHANI.

APLIKASI
1. Apakah Anda merasakan ada sesuatu yang diaktifkan dalam diri Anda setelah mendapat pencurahan roh kudus?
2. Adakah karunia roh yang Tuhan berikan pada Anda?
3. Bagaimana supaya karunia roh yang anda dapatkan bisa membawa kebangunan rohani bagi sesama dan gereja kita?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus kami percaya saat ini Roh Kudus sedang berkarya dengan luar biasa di tengah-tengah kami. Sesuatu akan mulai diaktifkan dalam diri setiap kami. Tolong kami Tuhan untuk bisa mengerti dan menangkap, arahkan kami agar karunia roh yang kami dapatkan bisa membawa great revival bagi gereja kami dan bangsa kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.