Kasih Agape Yang Meluap Dalam Tindakan

BACAAN HARI INI
Kolose 4:1-6

RHEMA HARI INI
Kolose 4:6 Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

Pada suatu hari ada sekelompok pemuda Kristen yang mengadakan piknik di sebuah danau yang indah. Cuaca pada hari itu sangat cerah dan pemandangan di danau itu pun sangat indah. Maka mereka mendayung perahu ke tengah danau untuk lebih menikmati suasana yang demikian indah itu. Sambil bersantai di atas perahu, mereka mulai berdiskusi mengenai kasih. Masing-masing mengemukakan pendapatnya sendiri mengenai arti dari kasih Kristen. Mula-mula kelihatannya baik sekali, tetapi lama kelamaan diskusi itu menjadi semakin panas, sebab rupa-rupanya sudah terjadi sebuah perdebatan yang cukup tajam mengenai arti kasih Kristen. Namun di tengah-tengah perdebatan itu ada seorang pemuda yang dari tadi hanya berdiam diri saja. Ia sama sekali tidak mau mengemukakan pendapatnya mengenai kasih… ia hanya duduk dengan tenang mendengarkan perdebatan teman-temannya. Tiba-tiba terjadilah kecelakaan. Rupa-rupanya karena terlalu semangat berdebat, seorang pemuda tergelincir dan masuk ke dalam danau yang airnya cukup dalam… padahal ia tidak bisa berenang! Ia berteriak-teriak minta tolong, tetapi pemuda-pemuda yang tadi asyik berdebat mengenai kasih itu hanya berpandang-pandangan saja satu sama lain, tak ada seorangpun yang mau menolong temannya itu. Namun tiba-tiba, pemuda yang tadi berdiam diri, melompat ke dalam air dan dengan sigapnya menolong temannya yang hampir saja mati itu. Ketika para pemuda itu sudah sampai di tepi danau, pemuda yang berani itu berkata: “Teman-temanku, tadi kalian demikian sibuk berdebat mengenai kasih. Itu semua tidak ada gunanya. Yang paling penting, bukanlah berbicara panjang lebar mengenai kasih, tetapi menyatakan atau berbuat sesuatu untuk menyatakan kasih itu.”

Jangan hanya kita berbicara tentang kasih atau malah mendebatkan tentang kasih saja seperti cerita diatas yang baru saja kita baca. Dalam cerita tadi jelas terlihat bahwa kasih hanya sebuah kata yang mereka debatkan. Tidak ada langkah nyata untuk berbuat kasih meski teman mereka akan tenggelam. Inikah arti kasih?

Kasih agape bukan hanya kata atau ulasan semata. Kasih agape adalah tidakan atau perkataan dimana kita menabur kasih yang tak bersyarat. Saat ini uji diri kita masing-masing apakah perkataan dan tindakan kita sudah mencerminkan kasih agape? Mulai sekarang terus pastikan bahwa setiap langkah dan ucapan kita itu adalah luapan kasih agape yang muncul ketika kita terus membangun persekutuan dengan Bapa.

RENUNGAN
Pastikan setiap PERKATAAN DAN TINDAKAN kita semata-mata adalah LUAPAN KASIH AGAPE yang muncul dari persekutuan yang intim dengan Roh Kudus!

APLIKASI
Koreksi apakah perkataan dan tindakan Anda semata-mata adalah luapan kasih Agape ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa biarlah tutur kata kami dan langkah kami semata-mata adalah luapan kasih agape. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yunus 1
Wahyu 10