Kasih Allah Terlebih Besar Dari Kesalahan Kita

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 19-20
Lukas 23:1-25

BACAAN HARI INI
Mazmur 36:1-13

RHEMA HARI INI
Mazmur 36:6 Ya TUHAN, kasih-Mu sampai ke langit, setia-Mu sampai ke awan.

Matthew sudah sangat berhati-hati. Ia tahu kalau ia sampai memecahkan vas kesayangan kakeknya, ia bisa kena masalah besar. Katanya sih vas itu berasal dari suatu dinasti kerajaan ratusan tahun yang lalu. Harganya sangat mahal. Orangtua Matthew berkata bahwa meski ia menyerahkan semua uang jajannya dan setelah besar nanti bekerja seumur hidup pun, ia tidak akan pernah bisa menggantinya. Namun hari itu rumah Matthew kedatangan sepupu-sepupunya. Mereka langsung bermain bersama dengan seru. Mereka bermain petak umpet sambil menutup mata dengan saputangan. Matthew pun kebagian untuk menjadi pencari dan matanya ditutup.

Tanpa disadari, Matthew telah berjalan mendekati ruang dan meja tempat vas antik tersebut diletakkan. Kemudian ia menabrak meja dan menjatuhkan vas tersebut dengan suara yang keras. Matthew langsung membuka penutup matanya dan melihat vas tersebut hancur berkeping-keping. Wajah marah Kakek langsung terbayang dan ia mulai menangis meraung-raung. Tak lama terdengar suara kakek memanggil namanya. Yang tak ia sangka, kakeknya bukannya memarahinya, tetapi malah bertanya dengan nada kuatir, “Kamu tidak apa-apa? Apa pecahannya mengenaimu?” Sambil terisak, Matthew menjawab, “Aku tidak apa-apa… tapi vasnya hancur…” Sang kakek pun menepuk kepala Matthew dan berkata, “Tidak apa, yang penting kamu tidak terluka. Cucu kakek lebih berharga daripada vas tua itu.”

Seperti anak kecil itu, saat kita melakukan kesalahan dan melanggar firman Tuhan, seringkali kita merasa takut dan malah menjauh dari Tuhan. Namun Tuhan mengasihi kita melebihi apa pun juga. Dia tidak ingin kita berkubang dalam kesalahan maupun kegagalan kita. Berbaliklah kembali kepada Tuhan dan belajarlah dari setiap kesalahan kita, maka anugerah melimpah dari Tuhan akan memampukan kita untuk terus melangkah maju dan bahkan terbang tinggi bersama-Nya. Anugerah-Nya akan mengubahkan kesalahan kita menjadi keajaiban yang Dia pakai untuk memuliakan nama-Nya lebih lagi. (MV.L)

RENUNGAN
KESALAHAN terbesar kita sekalipun TIDAK MUNGKIN lebih besar dari KASIH BAPA.

APLIKASI
1. Apa kesalahan terbesar yang pernah Anda lakukan? Apakah akibatnya terhadap hubungan Anda dengan Bapa?
2. Mengapa kasih Allah selalu lebih besar dari kesalahan besar Anda?
3. Bagaimana Anda dapat memandang ulang kesalahan Anda dan memakainya untuk kemuliaan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih untuk anugerah-Mu yang sangat berlimpah dalam hidup kami. Saat ini kami mau mengakui segala kesalahan-kesalahan kami di hadapan-Mu. Kami percaya kasih-Mu lebih besar dari kesalahan kami, karena itu kami mau meminta pengampunan dan mampukan kami mengampuni diri kami sendiri, sehingga kesalahan kami bisa berubah menjadi keajaiban yang Engkau pakai untuk memuliakan nama-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”