KASIH DAN SUKACITA SEPERTI SAAT ANAK KITA LAHIR

RHEMA HARI INI

Kejadian 30:23 Maka mengandunglah Rahel dan melahirkan seorang anak laki-laki. Berkatalah ia: β€œAllah telah menghapuskan aibku.”

Masih jelas dalam ingatan Elin, ketika ia melahirkan dan membesarkan kedua anaknya. Meski kondisi saat mereka berdua dilahirkan, tidak seideal dan semanis cerita pasangan pada umumnya, namun tetap saja kelahiran mereka membawa sukacita tersendiri bagi Elin dan suaminya. Tingkah polah mereka yang lucu dan menggemaskan, bahkan kebandelan mereka pun kini tetap menjadi kenangan indah dan masih sering dibicarakan bersama dalam gelak tawa dan canda.

Beberapa teman Elin mengeluhkan tentang anak-anak mereka yang telah tumbuh remaja sekarang. Bagaimana mereka menjadi sukar dipahami, semaunya sendiri, sulit diatur dan menjauh dari orangtua. Bagi Elin pribadi, hubungan dengan anak-anaknya justru semakin membaik seiring bertambahnya usia mereka. Mereka sekarang bisa diajak berkomunikasi dengan baik, mulai bisa mengerti dan memahami situasi dan kondisi yang terjadi, sehingga bisa diajak untuk bertukar pendapat.

Kelucuan anak-anak kita memang akan segera berlalu. Seiring usia mungkin ada kenakalan atau sesuatu yang tidak kita sukai akan dilakukan oleh anak-anak kita. Semua ini adalah proses yang wajar menuju pada kedewasaan. Dengan tetap memiliki kasih dan sukacita yang semula seperti saat anak kita baru lahir dulu, maka kita akan dimampukan untuk mengikuti setiap perkembangan mereka. Meskipun kita tak mungkin lagi menunjukkan kasih seperti waktu mereka masih anak-anak, seperti menggendong dan menimang mereka dengan gemas, tetapi kita masih tetap dapat menunjukkan kasih dengan banyak cara. Pelukan dan ciuman yang hangat akan menunjukkan bahwa kita akan tetap mengasihi mereka dan ada untuk mereka apapun yang terjadi. Sukacita yang muncul setiap kali memandang mereka, akan dapat dirasakan dengan baik oleh anak-anak kita. Semua hal ini menimbulkan rasa bahagia dan aman, yang pada akhirnya akan memberi respon balik sebagai anak yang membawa sukacita bagi orangtua. (PF)

RENUNGAN

Miliki KASIH dan SUKACITA yang SEMULA seperti saat dahulu anak kita baru saja lahir ke dunia ini.

APLIKASI

1. Bagaimana Anda memandang anak Anda yang sekarang ini? Masihkah ada sukacita dan kasih yang semula seperti saat mereka baru lahir dulu?
2. Jika tidak, apa yang membuat Anda kehilangan kasih dan sukacita yang semula?
3. Bagaimana Anda akan mengembalikan rasa kasih dan sukacita yang semula terhadap anak-anak Anda?

DOA UNTUK HARI INI

β€œTuhan Yesus, kami mengucap syukur atas anak-anak yang ada di keluarga kami. Mereka adalah berkat dan anugerah yang berharga bagi kami. Kiranya kasih dan sukacita yang semula, tetap ada di hati kami. Menjadi dasar bagi kami untuk mendidik dan membesarkan anak-anak kami dalam kebahagiaan dan takut akan Engkau. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama-Mu Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!