Kasih Karunia Tuhan Lebih Besar Dari Semua Tantangan

BACAAN HARI INI
Mazmur 5:1-13

RHEMA HARI INI
Mazmur 5:13 Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.

Sembari menunggu kedatangan teman-teman komsel, Mona melihat ke sekeliling ruang tamu. Di situ dilihatnya sebuah pohon Natal berdiri di sudut ruang, lengkap dengan ornamennya yang indah. Gemerlap lampu-lampu kecil bertebaran di daun pohon natal itu memberi motif berkilau pada gitar akustik yang tergeletak di bawahnya. Mona tersenyum. Natal tahun ini terasa spesial bagi Mona karena di tahun ini ia bisa merayakan natal di rumahnya yang baru. Mona pantas bersyukur sebab jerih payahnya selama ini tidaklah sia-sia. Jika melihat kondisinya tahun lalu rasanya mustahil bagi Mona untuk segera punya rumah. Namun ternyata tahun ini doanya dijawab Tuhan. Sebuah rumah mungil yang sudah sejak lama diidamkannya kini menjadi kenyataan. Bahkan bukan hanya itu, dalam setiap persoalan, anugerah demi anugerah seakan tak pernah berhenti dialami Mona.

Mazmur 5 menceritakan bagaimana Daud sungguh-sungguh percaya akan kebaikan Tuhan yang melimpah di tengah pergumulan hidupnya yang berat. Setiap pagi ia mulai harinya dengan keluhan dan rintihan. Tetapi dalam kondisi itu pula Daud benar-benar mengandalkan Tuhan sebagai satu-satunya penolong baginya. Dalam kondisi itu pula Daud bisa merasakan kasih karunia Tuhan yang besar.

Di malam natal ini marilah kita renungkan kembali kasih karunia Tuhan yang sudah diberikannya kepada kita. Di saat kelahiran Tuhan Yesus, meskipun harus melalui jalan panjang berliku, para orang majus beroleh anugerah melihat lahirnya Sang Juru Selamat. Seperti orang Majus, hidup Daud dan Mona pun penuh dengan tantangan pergumulan. Tetapi oleh karena kasih karunia Tuhan, mereka dapat beroleh perlindungan dan kemenangan. Sadarkah Anda bahwa kasih karunia itu juga sudah kita dapatkan? Sadarilah, kasih karunia Tuhan yang telah menyelamatkan kita dari dosa, lebih besar dari semua tantangan yang mengepung kita. Kasih itu akan selalu menopang kita dalam setiap persoalan dan memberikan jalan keluar yang terbaik bagi setiap orang yang sungguh-sungguh mengasihiNya

RENUNGAN
KASIH KARUNIA TUHAN yang mengelilingi kita LEBIH BESAR dari SEMUA TANTANGAN yang mengepung kita.

APLIKASI
1.    Apakah saat ini Anda sedang menghadapi begitu banyak tantangan? Apa sajakah itu?
2.    Bagaimana perasaan Anda sekarang setelah mengerti bahwa kasih karunia Tuhan selalu menyertai Anda?
3.    Langkah apa yang akan Anda ambil untuk mengalahkan masalah Anda bersama dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih Engkau sudah menyadarkan kami bahwa kasih setia-Mu tak pernah beranjak dari kami. Ampuni kami yang tidak menyadarinya. Tuhan, kami percaya, Engkau tidak pernah kekurangan jalan. Kasih karunia-Mu lebih besar dari semua masalah yang kami hadapi. Di malam Natal ini, kami boleh yakin, bersama-Mu kami akan mengatasi setiap tantangan, bahkan membuat terobosan besar. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Amin.