Kasih Karunia Tuhan Melimpahi Orang Yang Rendah Hati

BACAAN HARI INI
Amsal 18:1-24

RHEMA HARI INI
Amsal 18:12 Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan.

Kunci sukses Ester di puri Susan adalah, sekalipun ia adalah kontestan favorit dalam pemilihan ratu, ia berbeda dengan kontestan lain yang sudah mulai bersikap angkuh dan sewenang-wenang. Bahkan setelah ia diangkat menjadi ratu, hal itu tak membuatnya menjadi sombong. Ia tak pernah melupakan bangsanya. Bahkan ia merendahkan diri di hadapan Tuhan dengan berpuasa ketika bangsanya terancam dan juga di hadapan suaminya sendiri, yaitu sang raja, untuk memohonkan keselamatan bangsanya. Kerendahan hatinya membuat Ester sangat dicintai Tuhan dan juga raja. Kasih karunia pun turun atas hidup Ester sehingga seluruh bangsanya pun terluput dari kebinasaan. Berbeda dengan Saul, yang setelah diangkat menjadi raja atas Israel, justru menjadi tinggi hati dan merasa hebat. Hal yang pada akhirnya membuat Saul kehilangan kasih karunia Tuhan.

Dari dua kisah di atas, kita dapat belajar bahwa sekalipun kita sedang dalam musim kelimpahan, kita tidak boleh takabur dan menjadi sombong. Tak sedikit kita mendengar cerita atau bahkan melihat sendiri ada orang yang setelah diangkat Tuhan justru menjadi tinggi hati dan merendahkan orang lain. Lupa bahwa semua yang ia dapatkan berasal dari Tuhan. Tak heran, kasih karunia dan anugerah Tuhan pun berlalu darinya.

Sesungguhnya, apapun yang kita miliki adalah semata-mata karena kasih karunia dan anugerah Tuhan saja, bukan karena hebat dan kuat gagah kita. Dimanapun Tuhan tempatkan dan posisikan kita, baik di bawah maupun di atas kita harus tetap rendah hati. Semakin kita diangkat Tuhan, hendaklah kita belajar semakin rendah hati. Ingatlah, Tuhan membenci orang yang tinggi hati, tapi Dia memberkati orang yang rendah hati dengan kasih karunia yang berlimpah-limpah, dan kita akan dibawa-Nya makin bertumbuh dalam anugerah-Nya.

RENUNGAN
Belajarlah SEMAKIN RENDAH HATI di mana pun Tuhan menempatkan kita, maka Dia akan MELIMPAHI kita dengan KASIH KARUNIA.

APLIKASI
1.    Jika secara jujur menilai diri Anda sendiri, apakah Anda termasuk orang yang rendah hati atau sebaliknya?
2.    Jika Anda diangkat tinggi oleh Tuhan, apa pengaruhnya dalam diri dan sikap Anda?
3.    Apa yang Anda lakukan jika perasaan tinggi hati mulai timbul dalam hati Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Ya Bapa, terima kasih atas segala anugerah yang telah Engkau beri kepada kami. Kami tahu bahwa kami boleh ada sebagaimana kami ada saat ini semuanya hanyalah karena kasih karunia-Mu saja. Kami mau belajar untuk menjadi semakin rendah hati lagi. Karena hanya Engkau saja lah yang layak ditinggikan. Dan biarlah kasih karunia-Mu senantiasa melimpah dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami berdoa. Amin.