Kasih Tanpa Syarat

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 10-12
Yohanes 6:45-71

BACAAN HARI INI

Roma 8:31-39

RHEMA HARI INI

Roma 8:38-39 Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.

Rapper asal Amerika Serikat, Kanye West, dikenal sangat kontroversial. Dalam setiap lagunya, ia gemar menonjolkan kekerasan dan pornografi, bahkan sering menghujat Kristus. Namun, kini suami artis Kim Kardashian itu telah berubah. Ia bertobat dan selalu menyaksikan kebaikan dan kebesaran Tuhan dalam hidupnya. Perubahan hidup Kanye itu membuat banyak orang bersyukur, tetapi tak sedikit juga yang mencibirnya karena mengganggap hal itu hanyalah suatu rekayasa demi popularitas. Kanye sendiri seakan tidak lagi peduli dengan berbagai pendapat orang. Ia terus bersaksi atas perubahan hidupnya. Saat tampil di hadapan 16 ribu jemaat Gereja Lakewood Houston Texas, Kanye mengatakan “Aku tahu Tuhan selalu memanggilku sejak dulu, tetapi iblis tidak pernah rela melepaskan jeratnya dariku.”

Hal yang sama terjadi pada Rasul Paulus. Semula ia adalah penganiaya jemaat Kristus, tetapi kemudian ia menyadari bahwa sebenarnya ia sudah dipilih dan ditentukan Tuhan sejak semula. Paulus percaya bahwa keberadaannya sebagai rasul Kristus adalah wujud nyata kasih sejati dari anugerah Tuhan yang sangat melimpah. Bagaimanapun keadaan masa lalu Paulus, kasih Tuhan sanggup membawanya pulang kepada Tuhan.

Kasih sejati Tuhan ini berlaku universal. Bukan hanya untuk Paulus, tetapi juga untuk semua orang seperti Kanye West dan juga setiap kita. Tuhan tetap mengasihi kita bagaimanapun situasi dan kondisi kita. Tidak ada satu pun yang bisa memisahkan kita dari kasih-Nya. Di momen Natal ini, marilah kita merefleksikan kembali kasih Tuhan yang sungguh sempurna dan melimpah. Kelahiran Yesus Kristus telah membawa pengharapan dan sukacita bagi banyak orang tanpa terkecuali. Jika saat ini Anda sedang terpuruk atau bahkan sedang terlena dengan tipu daya dunia, ingatlah kembali akan kasih Tuhan yang luar biasa yang selalu rindu mengajak Anda pulang ke dalam pelukan-Nya.

RENUNGAN

Tak ada SATU HAL PUN yang bisa MEMISAHKAN kita dari kasih Allah, sebab kasih Allah itu TANPA SYARAT.

APLIKASI

1. Adakah hal-hal yang membuat Anda menjauh dari kasih Allah belakangan ini? Apa sajakah itu?
2. Mengapa hal-hal tersebut tak seharusnya memisahkan Anda dari kasih Allah?
3. Bagaimana Anda dapat meresponi kasih Allah yang tanpa syarat?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, kasih-Mu sungguh ajaib bagi kami. Tak ada satu pun, bahkan kesalahan dan kelemahan kami yang dapat memisahkan kami dari kasih-Mu. Biarlah kasih sejati-Mu melimpah-limpah dalam hati kami dan memancar keluar di hidup kami, agar banyak orang dapat melihat betapa ajaib dan besarnya kasih-Mu atas anak-anak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin”