Kasihlah Yang Paling Besar

BACAAN HARI INI
1 Korintus 13:1-13

RHEMA HARI INI
1 Korintus 13:13 Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Akibat dari kalah perang, serdadu-serdadu Skotlandia dipaksa oleh tentara Jepang untuk mengerjakan lintasan rel di hutan. Mereka bekerja dalam kondisi yang menyedihkan, dibawah pengawasan tentara barbar. Suatu hari, sebuah cangkul dinyatakan hilang. Perwira yang bertugas menjadi sangat marah, menuntut agar cangkul yang hilang itu diperlihatkan atau ia akan membunuh semua tawanan tersebut. Si perwira mengacungkan senapannya. Jelas bahwa ia akan sungguh-sungguh menembak para tawanan. Setelah beberapa saat yang menegangkan, seseorang akhirnya melangkah maju, tawanan yang dikenal sebagai orang Kristen. Si perwira mengambil cangkul itu, dan memukuli orang itu sampai mati di depan para tawanan yang lain. Mereka hanya diijinkan mengambil mayat yang bersimbah darah itu dan membawanya ke tempat penghitungan alat kedua. Disana, alat-alat dihitung ulang dan hasilnya dilaporkan, tidak pernah ada cangkul yang hilang, hanya terjadi salah hitung pada pemeriksaan pertama. Kabar insiden itu cepat menyebar di seluruh kamp tawanan, seseorang tak bersalah bersedia mati untuk menyelamatkan yang lain. Peristiwa itu memiliki pengaruh yang besar, pengorbanan yang penuh kasih itu memberi kekuatan kepada para tawanan itu untuk bertahan sampai mereka dibebaskan.

Tawanan Kristen yang rela mati itu, tentunya punya pilihan untuk tetap berdiri di tempatnya, karena memang bukan dia yang menghilangkan cangkul. Tetapi keadaan memang memaksa harus ada seseorang yang mau ambil resiko, atau semua orang akan mati, seperti ancaman si perwira. Imannya belum tentu menyelamatkan nyawanya, pengharapannya juga belum tentu mempertobatkan teman-temannya, tetapi kasihnya yang besar mendorongnya untuk melangkah maju memikul “salib.” Kasih itu bekerja dengan baik, menyatukan para tawanan, menguatkan mereka dan pasti membuat hati mereka terbuka untuk kasih Kristus itu sendiri.

Penginjilan paling efektif adalah dengan kesaksian hidup. Dengan mempraktekkan hukum kasih yang kedua, yaitu mengasihi sesama seperti diri sendiri, orang akan melihat perbedaan anak Tuhan dengan orang kebanyakan, itu yang akan membuat orang terbuka dengan berita Injil. Hari ini kita harus mulai mengambil langkah maju, bukan Iman kita, bukan pengharapan kita yang orang mau lihat. Tetapi kasih kita kepada sesama yang dinanti-nanti orang untuk dilihat, dirasakan dan akhirnya ditiru mereka.

RENUNGAN
Lebih dari semua yang ada di dunia, tinggallah ketiga hal ini: iman, pengharapan dan kasih; dan YANG TERBESAR ADALAH KASIH.

APLIKASI
1. Sudahkah kasih menjadi hal yang paling terbesar dalam hidup Anda lebih dari apapun didunia ini, renungkan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa ajar kami untuk terus mengutamakan kasih lebih dari apapun didunia ini. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yehezkhiel 30-32
Yohanes 18:19-40