Kata-Kata Yang Menguatkan

BACAAN HARI INI
Amsal 15:1-33

RHEMA HARI INI
Amsal 15:23 “Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya!”

Aku tumbuh dewasa dengan menyadari bahwa aku berbeda. Gangguan pendengaran, bibir tidak berbentuk, hidung bengkok, dan badan timpang. “Oh, Mary Ann, apa yang terjadi pada bibirmu?” komentar-komentar seperti itu selalu kudengar saat di sekolah.

Masa paling berat adalah saat tes pendengaran yang kami jalani setiap tahun. Kami harus berdiri menghadap pintu dan menutup satu telinga untuk diperiksa apakah pendengaran kami bagus atau tidak. Guru yang mengetes kami biasanya mengucapkan kata-kata seperti ‘langit biru’ atau ‘apakah kau memiliki sepatu baru?’ dan lain sebagainya. Untuk menghindari hal-hal yang akan membuatku malu karena satu telingaku tuli, aku biasanya selalu menutup telingaku yang tuli sehingga aku dapat mendengar dengan telingaku yang normal. Begitu setiap tahunnya, tidak ada yang tahu.

Tahun ini, Tuhan memberikan sebuah kejutan untukku. Aku bergabung dalam kelas Miss Leonard, salah satu guru favorit semua anak. Hari itu, aku menunggu dengan cemas, berharap dapat melalui tes pendengaran ini dengan baik. Lalu, aku mendengarnya, empat kata yang mengubah hidupku selamanya. Empat kata yang aku yakin ditaruh Tuhan dalam mulutnya, “Kuharap kau adalah putriku.” (Mary Ann Bird – The Whisper Test).

Anda tahu? Ada kuasa dalam perkataan Anda. Dengan perkataan, Anda dapat mengubahkan hidup seseorang menjadi lebih baik, namun dengan perkataan, Anda juga dapat menghancurkan hidup orang tersebut. Maka dari itu, latih mulut dan lidah Anda untuk memperkatakan perkataan penguatan yang positif, perkataan yang penuh kasih, serta pujian yang tulus. Itulah salah satu bahasa kasih yang akan membangun hubungan yang sukses dan bahagia. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Anda dapat MENUNJUKKAN KASIH dengan memberikan KATA-KATA PENGUATAN kepada mereka yang sedang lemah.

APLIKASI
1. Pernahkah Anda memberikan kata-kata penguatan terhadap teman, keluarga, saudara, atau kenalan yang sedang lemah ? Jika pernah, ceritakan pengalaman Anda tersebut.

2. Bagaimana respon orang tersebut dengan tindakan Anda ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, kami tahu bahwa kami diberkati untuk menjadi berkat. Kami senantiasa rindu untuk dapat menguatkan orang-orang di sekitar kami yang sedang lemah. Berikan kami hati yang peka dan penuh kasih, Tuhan. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
1 Raja-Raja 12-13
1 Korintus 9