Katakan I Love You

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 30 Juli 2016

BACAAN HARI INI
Kolose 4:1-6

RHEMA HARI INI
Kolose 4:6a Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar…

Saat membicarakan masalah ungkapan kasih, beberapa orang merasa tidak ingin repot-repot untuk memikirkan hadiah yang cocok. Bahkan bagi sebagian mereka, lebih memilih untuk memberikan hadiah dalam bentuk uang. Melansir dari time.com, Kamis (5/5/2016) survei dari Merrill Lynch mengatakan hampir 70 persen dari orang tua mengakui hadiah uang merupakan salah satu ungkapan kasih pada anak. Padahal, sangat penting untuk membuat anak-anak sadar pada masalah emosional daripada rincian keuangan. Ungkapan kegembiraan dan cinta harus terus ada dalam sebuah keluarga, dengan atau tanpa uang. Komunikasi keluarga yang jelas dapat memberikan distribusi yang lebih mudah untuk penerima manfaat keuangan. Seringkali juga apa yang lebih berarti bagi penerima adalah pemberian cinta kasih yang berarti dan tulus.

Ratih Ibrahim, Psikolog dari Joy Parenting, mengatakan terdapat tiga alasan munculnya ekspresi cinta dan kasih sayang dalam keluarga yang bisa terungkap, yaitu melalui: momentum, situasional dan karakteristik. Ketiga unsur tersebut dapat menciptakan dorongan emosional yang kuat, dimana kenangan intim bersama anggota keluarga kembali muncul. Meski kenangan bersama keluarga atau ibu telah pudar, lanjut Ratih, tak berarti hilang karena sudah tersimpan dalam memori anak (Penelitian Papalia, Olds & Feldman, 2004). Ratih menjelaskan, diperlukan momentum kuat untuk menggali memori tersebut sehingga menciptakan moment of truth yaitu perasaan cinta yang kembali muncul dari anak.

Moment of truth terjadi ketika sang anak menyadari usia orang tuanya yang mulai menua sehingga timbul keinginan untuk membahagiakannya. Jangan terlambat dan jangan salah dalam mengungkapkan cinta kasih Anda dalam keluarga. Cinta kasih yang tulus adalah lebih dari segalanya dalam keluarga, karena disitu ada ikatan kasih yang kuat.

RENUNGAN
Hari ini, ucapkan ‘I LOVE YOU’ dengan tulus kepada keluarga Anda, maka Anda akan merasakan ikatan kasih dalam keluarga Anda menjadi makin kuat.

APLIKASI
1. Jangan terlambat untuk mengungkapkan rasa cinta pada keluarga Anda. Tanyalah pada diri Anda sendiri sudahkah Anda mengungkapkan rasa cinta pada keluarga?
2. Sejauh mana ketulusan cinta itu terucap pada keluarga Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa yang kudus, lembutkan hati kami seperti hatiMu supaya kami bisa lebih tulus lagi di dalam mencintai keluarga Kami. Ampuni kami jika selama ini kami salah dalam memberikan cinta kasih kepada keluarga kami. Terimakasih buat pelajaranMu tentang cinta kasih dalam keluarga yang telah membuka hati dan pikiran kami, sehingga hidup kami diperbaharui. Dalam nama Yesus kami berdoa… Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN
2 Petrus
Yudas