KEBAHAGIAAN YANG DARI TUHAN

RHEMA HARI INI

Yohanes 6:35 Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi”

Memiliki raut wajah yang jenaka, bahagia sekaligus menyiratkan kemantapan dan ketenangan, siapa mengira jika si pemilik wajah ini akan mengakhiri hidupnya secara tragis. Sederet film yang dibintanginya seperti Mrs. Doubtfire, Jumanji, Good Will Hunting, Dead Poets Society yang sempat begitu populer di tahun 1990-an, membuktikan kemampuan Robin Williams sebagai seorang komedian sekaligus aktor jenius yang bisa mengeksplorasi imajinasinya sedalam mungkin. Nama besarnya seakan menjadi jaminan bagi penggemar film akan sebuah tontonan yang sangat menarik dan berkesan. Namun dibalik semua kisah kesuksesannya, Robin ternyata menderita depresi sepanjang hidupnya. Setelah kematiannya barulah dapat dipastikan bahwa ia mengidap Lewy Body Dementia, yaitu penyakit degeneratif yang menyerang otak dan mengakibatkan depresi dan bunuh diri.

Sebagian besar orang mengira kesuksesan pasti membawa kebahagiaan, padahal faktanya ada banyak orang yang setelah berhasil meraih kesuksesan dan popularitas justru kehilangan kebahagiaan. Salah satu penyebabnya adalah kekosongan jiwa. Hampir seluruh waktunya dihabiskan untuk bekerja dan menyenangkan orang-orang yang mengaguminya. Ia tidak punya waktu lagi untuk diri sendiri ataupun untuk membangun hubungan yang mendalam dengan keluarga. Sehingga ketika sendirian, ia kesepian dan merasa hampa.

Sifat manusia yang selalu mau lebih lagi, membuat manusia tak pernah puas dengan apa yang telah ia dapatkan. Jika yang dikejar hanyalah kesenangan jasmani atau duniawi saja, maka pada akhirnya kekecewaan dan kehampaan yang akan ditemui. Sebaliknya jika rasa haus, tak pernah puas dan selalu mau lebih lagi itu diarahkan pada Tuhan, maka yang terjadi adalah kita akan mengalami kebahagiaan yang sejati. Kehausan roh yang besar akan membuat kita menemukan satu jenis kebahagiaan yang hanya bisa kita dapatkan di dalam Tuhan. Yaitu kebahagiaan tiada tara, yang jauh melampaui kepuasaan sesaat yang kita dapatkan dari kesenangan jasmani. (PF)

RENUNGAN

Kebahagiaan YANG DARI TUHAN, jauh MELAMPAUI KEPUASAN SESAAT yang didapat dari kesenangan jasmani.

APLIKASI

1. Jenis kebahagiaan seperti apa yang Anda kejar selama ini?
2. Berapa lama kepuasaan Anda dapat bertahan saat Anda berhasil meraih kesenangan jasmani yang Anda inginkan?
3. Kebahagiaan seperti apa yang Anda dapatkan dari kehausan roh akan Tuhan? Bisakah Anda menjelaskannya?

DOA UNTUK HARI INI

β€œTuhan Yesus, terimakasih Engkau telah mengingatkan kami bahwa kepuasan akan kesenangan jasmani hanyalah sesaat saja. Berilah kami roh yang senantiasa haus dan lapar akan Engkau, sebab hanya di dalam Engkau-lah ada kebahagiaan yang sejati yang kami rindukan. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!