KEBENARAN YANG MEMERDEKAKAN

BACAAN HARI INI

Galatia 5:1-15

RHEMA HARI INI

Galatia 5:1 Supaya kita sungguh-sungguh merdeka, Kristus telah memerdekakan kita. Karena itu berdirilah teguh dan jangan mau lagi dikenakan kuk perhambaan.

Tidak terasa sudah setahun ini Betty menjadi seorang KKS. Selama itu semangat Betty tidak pernah padam. Ia seakan tak kenal lelah untuk mengajak anggota-anggota komselnya bertumbuh bersama. Padahal beberapa tahun lalu, Betty dikenal pemalu. Dalam setiap komsel, diminta untuk memimpin doa saja tidak mau. Ia takut doanya terdengar jelek dan pendek di hadapan banyak orang. Nuraninya juga terus mendakwa bahwa ia tidak cukup layak untuk berdoa. Namun, berkat bimbingan dan doa teman-teman komselnya, ia bisa berubah. Bahkan teman-temannya seakan tidak percaya ketika ia menyampaikan bahwa ia mau menjadi KKS. Namun sekarang ini dia terbukti bisa memimpin komsel dengan sepuluh orang anggota.

Kepada jemaat Galilea, Rasul Paulus mengingatkan bahwa mereka sungguh-sungguh telah dimerdekakan oleh Kristus. Kristus telah menyelamatkan dengan sempurna. Kristus telah menebus dan membayar lunas. Oleh karena itu semua orang yang percaya kepadaNya tidak lagi terbelenggu oleh dosa, tetapi sepenuhnya telah menjadi milik Kristus.

Malam ini marilah kita tengok diri kita masing-masing. Adakah kita sudah sungguh-sungguh merasakan kemerdekaan yang telah dianugerahkan Tuhan? Jika sudah, maka selayaknyalah kita bersyukur dan sungguh-sungguh untuk membalas anugerah cinta kasih Tuhan. Mari kita gunakan kemerdekaan yang sudah kita dapatkan untuk semakin banyak membawa jiwa-jiwa kepada Kristus. Namun jika selama ini hidup kita masih terbelenggu dengan dosa sehingga kita selalu minder, selalu merasa tidak layak, selalu merasa tidak percaya diri, atau terus mengingat kesalahan masa lalu, maka marilah segera datang kepada Tuhan dan akui segala dosa dan kesalahan kita. Ketika Tuhan melihat langkah pertobatan kita maka pasti seketika itu pula kita akan dibenarkan dan Tuhan akan menganugerahkan kemerdekaan yang dijanjikanNya itu.

RENUNGAN

DIPERBUDAK DOSA membuat kita menjadi MINDER, sedangkan KEBENARAN memberi kita KEMERDEKAAN.

APLIKASI

1. Masih adakah dosa yang membelenggu dan memperbudak Anda saat ini?
2. Apa yang diakibatkan oleh perbudakan dosa dalam hidup Anda?
3. Apa komitmen Anda untuk mendapat kemerdekaan yang sejati dari Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami sangat berterimakasih, oleh kasih-Mu kami boleh menerima kemerdekaan dari semua dosa masa lalu kami. Tolong kami Bapa, kami mau terus hidup dalam kebenaran, supaya iblis tak beroleh kesempatan untuk mendakwa dan menghancurkan rencana-Mu atas hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!