Kebenaran Yang Mendatangkan Kemerdekaan

BACAAN HARI INI
Bilangan 18:1-32

RHEMA HARI INI
Bilangan 18:21 Mengenai bani Lewi, sesungguhnya Aku berikan kepada mereka segala persembahan persepuluhan di antara orang Israel sebagai milik pusakanya, untuk membalas pekerjaan yang dilakukan mereka, pekerjaan pada Kemah Pertemuan.

Bapak Salim, seorang jemaat di Keluarga Allah Solo, suatu ketika dengan pertolongan Tuhan, mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari usaha jual beli tanah. Pak Salim tahu bahwa dirinya harus mengembalikan persepuluhan. Tetapi dengan pengertiannya saat itu, ia bermaksud membagikan persepuluhan ke sejumlah gereja yang sedang membutuhkan dukungan secara finansial. Ia tidak tahu benar atau salahkah yang akan dilakukannya itu, dan ia pun menanyakannya kepada bapak Pdt. Obaja. Saat itu Pak Obaja hanya meminta pak Salim untuk berdoa dan meminta kemantapan hati dari Tuhan secara langsung.

Sampai suatu kali, pak Salim beribadah di gereja yang digembalakan oleh teman lamanya. Tak kebetulan, di sana ia mendengar kebenaran tentang persepuluhan. Persepuluhan bukanlah untuk membantu yang kekurangan, tapi merupakan KETETAPAN TUHAN yang harus dilakukan dengan tepat. Dan banyak penjelasan lain yang didengarnya saat itu, membuatnya sadar bahwa selama ini dirinya keliru. Pak Salim pun mengambil sikap hati yang taat dan segera bertindak memperbaiki kesalahannya. Saat itulah pak Salim mengalami KEMERDEKAAN dalam hatinya. Sekarang ia mengerti persis kemana ia harus mengembalikan persepuluhan. Dan dahsyatnya kuasa dari mengembalikan persepuluhan dirasakan oleh pak Salim. Keluarga yang sangat dipelihara oleh Tuhan dan ia merasakan ada Tuhan di tengah-tengah anak-cucunya. Beliau menyampaikan pesan diakhir kesaksiannya, bahwa Yesaya 60 pasti dan sedang terjadi dalam hidup setiap kita.
Ada satu berkat yang seringkali tidak kita sadari, yaitu kemerdekaan yang sejati ketika kita melakukan perintah dan ketetapan Tuhan dengan tepat dan benar. Kita belajar bagaimana Tuhan bekerja dalam hidup pak Salim. Bagaimana Tuhan berbicara, memberikan pengertian yang benar tentang persepuluhan dan bagaimana sikap hati pak Salim yang mau rendah hati menerima kebenaran dari Tuhan menggantikan pengertiannya yang salah selama ini. Dan lihatlah, ada banyak berkat dan kebaikan Tuhan yang tersedia bagi pak Salim ketika ia mau mengikuti instruksi dengan tepat dan benar. Semua itu juga tersedia bagi kita ketika kita mau taat mengembalikan persepuluhan dengan CARA dan di TEMPAT yang benar. Haleluya!

RENUNGAN
Persembahan yang diberikan SELAIN ke dalam PERBENDAHARAAN RUMAH TUHAN bukanlah persembahan persepuluhan.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda memiliki pengertian yang benar tentang persembahan persepuluhan dan melakukannya?
2. Kendala apa yang Anda miliki ketika hendak mengembalikan persepuluhan ke rumah perbendaharaan Tuhan?
3. Carilah perhemaan firman Tuhan mengenai persepuluhan yang meneguhkan Anda, imani dan terus hidupi firman rhema itu.
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas kebaikan dan kemuliaan-Mu yang semakin Kau nyatakan dalam hidup kami. Berikan kami kekuatan, ya Tuhan, untuk terus ada dalam perjanjian-Mu dengan mengembalikan persepuluhan secara tepat dan benar. Kami percaya Engkau sedang angkat kami untuk menggenapi Yesaya 60 terjadi dalam hidup kami. Didalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa. Amin.