Keberuntungan Bukanlah Kebetulan

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 22 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Yosua 1:1-9

RHEMA HARI INI

Yosua 1:8 janganlah engkau lupa memperkatakan kitab taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Berjalan bersama Tuhan bukan berarti pintu-pintu akan selalu terbuka bagi kita. Bahkan tidak jarang, Dia akan menuntun kita menuju suatu pintu yang kita pikir adalah jawaban doa kita. Namun, tiba-tiba saja, pintu itu tertutup. Ketika hal tersebut terjadi berulang kali, bukan tidak mungkin hati kita melemah dan langkah kita tertahan. Kita pun mulai mamandang sekeliling. Kita melihat bagaimana orang-orang lain masuk ke dalam pintu yang Tuhan bukakan dan meraih janji-Nya. Lalu kita bertanya-tanya, mengapa begitu mudah bagi orang lain untuk mendapatkan jawaban Tuhan? Mengapa ada orang-orang tertentu yang hidupnya seakan penuh dengan mujizat dan kesaksian? Bukannya kita tidak percaya, tetapi berapa lama lagi kita harus menantikan favor-Nya?

Yosua pun menunggu sangat lama sampai Tuhan menggenapi janji-Nya. Empat puluh tahun, dan ia tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri. Ia tidak berusaha untuk mencoba membantu Tuhan menggenapi apa yang telah difirmankan-Nya. Meski mungkin ia juga harus menghadapi komentar-komentar negatif dari bangsanya, hatinya tetap teguh. Ia memegang kata-kata Tuhan sampai detik terakhir. Ia tidak membiarkan keraguan dan kekecewaan memenuhi ruang hatinya. Akhirnya, Yosua menyelesaikan tugas yang tidak dapat dituntaskan Musa. Ia membawa bangsa Israel masuk ke dalam tanah perjanjian.

Jangan getir ketika Tuhan menutup pintu di hadapan Anda. Kekecewaan yang dibiarkan bertumbuh dapat memenuhi hati Anda dan merebut ruang bagi favor yang hendak dicurahkan oleh-Nya. Arahkan mata Anda kepada pribadi-Nya. Saat hati Anda melemah, datanglah kepada Tuhan dan Dia akan menguatkan iman Anda kembali. Tetaplah berjalan dalam firman-Nya meski langkah Anda terasa berat. Pada saatnya nanti, Anda akan melihat bagaimana Dia mengubah pintu-pintu yang tertutup menjadi penunjuk arah bagi Anda. Sampai Dia mengaruniakan keberuntungan-Nya dan membukakan pintu yang tidak akan dapat ditutup oleh siapa pun dan apa pun juga. (MV.L)

RENUNGAN

Keberuntungan BUKANLAH KEBETULAN, tetapi FAVOR YANG TUHAN BERIKAN saat kita tetap FOKUS PADA FIRMAN DAN JANJI-NYA

APLIKASI

  1. Apakah yang Tuhan maksud dengan keberuntungan?
  2. Sikap seperti apakah yang Tuhan inginkan dari Anda dan yang akan membuatnya memberikan favor-Nya kepada Anda?
  3. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mulai hidup dalam firman dan janji-Nya?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih untuk tuntunanmu dalam hidup kami. Apabila hati kami melemah, teguhkan kami kembali, ya Tuhan. Apa pun yang terjadi, biarlah pandangan kami tetap fokus pada firman dan janji-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Pengkotbah 1-6