Kedekatan Dengan Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 08 Januari 2017

BACAAN HARI INI

Yakobus 4:8-14

RHEMA HARI INI

Yakobus 4:8a Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu.

Pada era 1960-an, kelompok musik The Kingston Trio meluncurkan lagu berjudul “Desert Pete”. Lagu balada ini menceritakan seorang koboi kehausan yang sedang melintasi padang gurun dan menemukan pompa air. Di samping pompa air itu, Desert Pete meninggalkan pesan yang meminta pembacanya untuk tidak meminum air di dalam kendi yang tersembunyi di tempat itu. Namun menggunakan air itu untuk memancing air keluar dari pompa air tersebut. Koboi tersebut menahan dahaganya dan mengikuti petunjuk dari pesan tersebut. Sebagai HADIAH dari ketaatannya, ia mendapatkan dalam jumlah BERLIMPAH air dingin yang memuaskan dahaga. Jika tidak mempercayai pesan tersebut, ia hanya akan mendapatkan sekendi air hangat yang tidak akan memuaskan dahaga ketika diminum.

Sebuah pepatah mengatakan, “Anda harus berani berkata TIDAK untuk sesuatu yang BAIK, supaya Anda bisa mengatakan YA untuk yang TERBAIK.” Yang terjadi saat ini justru sebaliknya, kebanyakan orang menjadi kurang sabar, tidak mau menunggu terlalu lama, tidak mau menahan diri untuk kenikmatan sesaat, sehingga mereka pun kehilangan berkat yang lebih besar.

Seandainya koboi dalam kisah di atas tidak mau menahan diri, tentu ia tidak akan menikmati berkat yang lebih besar lagi. Pesan dalam secarik kertas itu ibarat Alkitab yang berisi firman Tuhan sebagai pedoman kehidupan kita. Kita harus mau belajar buku manual kehidupan kita, berdoa meminta petunjuk Tuhan, dan kita pun akan mendapatkan yang terbaik menurut Tuhan. Seandainya kita rajin membaca firman-Nya dan mentaatinya, maka kita akan mengenal lebih dekat lagi siapa Tuhan dan mengetahui kehendak-Nya atas hidup kita. Dengan demikian kita akan beroleh air kehidupan dan berkat yang luar biasa. Percayalah, Tuhan ingin memberkati kita dengan berkat yang berlimpah. Namun Tuhan juga ingin melihat sikap hati kita. Karena itu, tunjukanlah respons yang benar, lalu perhatikan bonus yang sudah disiapkan-Nya bagi kita. Ikutlah arusnya Tuhan, jangan melawannya, dan kita akan melihat gelombang favor-Nya Tuhan yang luar biasa!

RENUNGAN

KEDEKATAN KITA DENGAN TUHAN adalah kunci untuk DIBAWA TUHAN MENGALIR dalam GELOMBANG FAVOR-NYA

APLIKASI

  1. Apa yang seharusnya Anda lakukan untuk mengalir dalam gelombang favor Tuhan?
  2. Bagaimanakah hubungan pribadi Anda dengan Tuhan selama ini?
  3. Apa saja yang dapat Anda lakukan untuk dapat mendekat kepada-Nya?

DOA UNTUK HARI INI

“Ya Tuhan, mampukan kami untuk terus bisa mengikuti arus-Mu, sehingga kami juga bisa merasakan gelombang favor-Mu yang luar biasa. Biarlah kami terus mengalir bersama air kehidupan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Amsal 7-9