Kegagalan Yang Diubahkan Menjadi Kebaikan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Raja-Raja 1-3
Lukas 24:1-35

BACAAN HARI INI
Yeremia 32:17-22

RHEMA HARI INI
Yeremia 32:17 Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya, Engkaulah yang telah menjadikan langit dan bumi dengan kekuatan-Mu yang besar dan dengan lengan-Mu yang terentang. Tiada suatu apapun yang mustahil untuk-Mu!

Siapa yang tidak kenal dengan Thomas Alva Edison, seorang penemu bola lampu pijar yang namanya sulit untuk dilupakan. Namun, tahukah kita bahwa di balik keberhasilan Edison, dia banyak mengalami kegagalan? Kegagalan yang dialami Edison pun tak hanya sekali dua kali, tetapi sampai 9.999 kali. Untung saja, Edison tidak menyerah begitu saja ketika kegagalan demi kegagalan memukulnya. Ia pun belajar dari setiap kegagalannya, sampai akhirnya semua perjuangannya membuahkan hasil dan ia berhasil membuat bola lampu pijar menyala.

Kegagalan demi kegagalan Edison telah diubah Tuhan menjadi suatu kebaikan. Ya, kebaikan yang dampaknya dirasakan seluruh dunia hingga saat ini. Edison pernah berkata, “Saya tidak pernah gagal, saya hanya menemukan 9.999 cara yang tidak tepat.” Dari pernyataannya, kita dapat memetik pelajaran bahwa banyak kegagalan terjadi karena kita tidak menyadari betapa dekatnya kita dengan keberhasilan ketika menyerah.

Kita mungkin juga sedang mengalami kegagalan. Entah kegagalan dalam usaha, dalam pernikahan, dalam pelayanan, atau dalam studi. Kita merasa seolah tidak sanggup lagi karena kegagalan itu membuat kita merasa bersalah, malu, dan tidak punya harapan lagi. Berita baiknya hari ini, bangkitlah dari kegagalan! Jangan menyerah dengan kegagalan yang sedang kita alami. Teruslah berjuang dan belajarlah dari kegagalan-kegagalan kita. Jangan putus asa, masih ada harapan, masih ada kesempatan, masih ada pelangi di balik hujan. Berserahlah kepada Tuhan, Sang Penjunan, dan mintalah Dia menunjukkan tujuan hidup kita yang sesuai dengan kehendak-Nya. Sehancur apa pun hidup kita, Tuhan tidak pernah kekurangan cara untuk memperbaikinya. Bagi Tuhan, tidak ada kegagalan yang tidak bisa diperbaiki. Rencana Tuhan tidak bisa kita rusak, meskipun kita merasa telah merusaknya. Tuhan Yesus tidak pernah terganggu walaupun kita sering mengalami kegagalan. Dalam anugerah-Nya yang melimpah, Tuhan tidak pernah gagal mengubah kegagalan kita menjadi kebaikan, dari kesalahan menjadi keajaiban. (LEW)

RENUNGAN
Tuhan TIDAK TERGANGGU dengan kegagalan kita, sebab DIA TAK PERNAH GAGAL mengubah kegagalan menjadi KEBAIKAN.

APLIKASI
1. Apakah saat ini Anda sedang mengalami kegagalan? Ceritakan!
2. Mengapa Anda bisa mengalami kegagalan tersebut?
3. Bagaimana cara Anda menghadapi kegagalan Anda?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami bersyukur jikalau saat ini kami Engkau izinkan mengalami kegagalan. Kami tahu bahwa Engkau tak pernah gagal mengubah kegagalan kami menjadi kebaikan. Ajar kami untuk bangkit dari keterpurukan kami, ya Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”