Kehadiran Roh Kudus

BACAAN HARI INI
Yohanes 1:1-18

RHEMA HARI INI
Yohanes 1:12-13 “12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; 13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah.”

Ada seorang gadis sederhana tinggal hanya bersama ibunya karena sang ayah sudah meninggal. Suatu hari, ketika gadis ini ke pasar untuk berbelanja, ia menabrak seorang laki-laki secara tidak sengaja. Barang-barang belanjaannya pun terjatuh, demikian juga dengan hatinya. Perjumpaan itu mengawali sebuah hubungan baru, keduanya jatuh cinta dan akhirnya memutuskan untuk menikah.

Setelah menikah, hidup gadis ini berubah 180 derajat. Dari seorang gadis sederhana, ia berubah menjadi nyonya di rumah yang amat megah. Gadis ini mulai menikmati kehidupan barunya dan berfoya-foya dengan uang yang diberikan suaminya. Sayangnya, karena terlalu asyik dengan kesenangan-kesenangannya, ia lupa mengurus suaminya. Sering pula ia mengacuhkan kehadiran suaminya tersebut. Beberapa tahun pun berlalu, sang suami mulai tidak tahan dengan kelakuan istrinya ini dan memutuskan untuk bercerai.

Si gadis yang sudah menjadi janda akhirnya kembali menjadi gadis sederhana yang tinggal dengan ibunya yang sudah tua. “Sadarilah, Nak, ketika kamu menerimanya sebagai suami, kamu harus tahu bahwa dia selalu ada, jangan kamu hanya sibuk foya-foya dan lupa akan kehadiran suamimu,” itu nasihat dari ibunya. Gadis ini hanya dapat menangis, nasi telah menjadi bubur.

Seringkali, kita juga seperti gadis ini. Dalam kesibukan kita, kita tidak menyadari kehadiran Roh Kudus. Saat kita menerima Tuhan sebagai Tuhan dan Juru Selamat, disitulah Roh kudus mulai hadir dan tinggal dalam hati kita. Dia selalu hadir dalam hati kita. Mulai saat ini, sadarilah keberadaan Roh Kudus dan alamilah berbagai pengalaman luar biasa bersama-Nya. Tuhan Yesus memberkati.

RENUNGAN
Sadari bahwa ada ROH KUDUS yang TINGGAL DALAM HATI kita ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat.

APLIKASI
 Apakah Anda sadar akan kehadiran Roh Kudus ? Apa buktinya ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa, ajar kami untuk senantiasa menyadari adanya Roh Kudus yang tinggal dalam hati kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yesaya 9-10
Ibrani 2